Tiga Tali Temali Pengukuh Ikatan Pernikahan

Mawaddah adalah kecintaan kepada seseorang disertai dengan kosongnya jiwa dari sangka buruk. Karena bisa jadi kita mencintai seseorang tapi kita bersangka buruk, ragu dan sebagainya.

Mawaddah itu ialah cinta sehingga tidak lagi melihat keburukan pasangannya, bahkan yang buruk pun kita anggap baik. Seperti seorang ibu yang melihat anaknya yang sumbing atau buta sebelah.

Suami atau istri ketika menikah diharapkan agar terjalin antar keduanya mawaddah, sehingga tidak terlihat lagi keburukan-keburukan.

“Mawaddah harus diperjuangkan, tidak bisa otomatis,” tegasnya.

Baca juga: Kiat Mewujudkan Keluarga Sakinah di Tengah Pandemi

Setiap orang harus sadar bahwa dia sebenarnya memiliki kekurangan. Sehingga kalau dia lihat pasangannya berkekurangan, sebelum dia lihat pasangannya berkekurangan, dia harus sadar bahwa dia juga punya kekurangan.

Adapun yang kedua, rahmah itu ialah keperihan hati melihat ketidakberdayaan seseorang. Keperihan itu mendorong suami atau istri untuk memberdayakan pasangannya.

Ikatan terakhir dari perkawinan adalah amanah yang berasal dari kata aman dan iman. Amanah dua ciri pokoknya, selalu bersama siapa yang diberi amanah, dan amanah juga selalu dijunjung tinggi oleh yang menerimanya.

“Siapa yang tidak ingin selalu bersama memelihara amanah dia tidak wajar menerima amanah, dan siapa yang tidak menjunjung tinggi amanah dia tidak wajar pula menerima amanah,” jelasnya.

Baca juga: Peliharalah Dirimu dan Keluargamu dari Api Neraka

Tiga tali temali perkawinan itu kemudian direkat dengan kalimat Allah. Nabi bersabda: “Berbaik-baiklah kepada pasanganmu, karena engkau memperolehnya berkat kalimat Allah dan menjadi halal hubungan kamu karena amanat yang telah engkau telah terima”.

Kalimat Allah luhur, kalimatullah hiyal ‘ulya. Kalimat Allah itu bercirikan shidqan, wa ‘adlan, la mubaddila likalimatih.


Sekarang traktir Tim TQNNEWS gak perlu ribet, sat-set langsung sampe!
https://sociabuzz.com/tqnn/tribe
Terima kasih ya sudah support kami. Salam cinta penuh kehangatan :)
______
Rekomendasi