Selamat! Ketua LDTQN Jawa Tengah Dikukuhkan Jadi Guru Besar Ilmu Tasawuf

Ketua LDTQN Jawa Tengah, Prof. Dr. H. Imam Kanafi, M.Ag. resmi dikukuhkan jadi Guru Besar Ilmu Tasawuf Universitas Islam Negeri (UIN) KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan, Rabu (27/7).

“Alhamdulillah hari ini menghadiri Pengukuhan Prof. Dr H. Imam Kanafi (Ketua LDTQN Provinsi Jawa Tengah) sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Tasawuf di UIN Pekalongan,” ujar Ketua Umum LDTQN Pontren Suryalaya, Dr. Muhamad Kodir, M.Si.

Dalam pengukuhan itu, Prof. Imam menyampaikan orasi ilmiah berjudul ‘Membumikan Tarekat Nusantara; Aktualisasi Ajaran Tarekat untuk Pengembangan Karakter Moderat di Indonesia’.

Baca juga: Selamat Atas Pengukuhan Guru Besar Ilmu Kajian Islam Prof. dr. Hj. Sri Mulyati, M.A

Dosen sekaligus Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Pekalongan itu meraih jabatan akademik tertinggi yang tertuang dalam Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 020913/B.II/3/2022 tertanggal 24 Mei 2022 tentang Kenaikan Jabatan Akademik/Fungsional Dosen. Dengan angka kredit sebesar 927 kum.

Prof. Dr. Imam Kanafi, M.Ag terhitung mengajar di IAIN Pekalongan sejak 1999, dan saat ini tercatat sebagai dosen di Fakultas Ushuluddin, Adab & Dakwah.

“Guru besar memiliki peran strategis bagi seorang dosen agar lebih bisa berperan secara maksimal dalam pengembangan ilmu dan pengetahuan bagi kemajuan umat dan bangsa. Bagi institusi guru besar berperan bagi peningkatan reputasi pribadi dosen, juga merupakan peningkatan institusi kampus yang sedang berproses menjadi UIN Abdurrahman Wahid,” ungkapnya.

Rekomendasi