Bentuk Keluarga Harmonis, Wujudkan Rumahku Surgaku

Masyarakat yang tidak harmonis akan menghabiskan waktu untuk hal-hal yang tidak prioritas

Keluarga yang harmonis adalah dambaan setiap orang. Rumahku surgaku, demikian keluarga yang hendak diwujudkan. Keharmonisan dalam keluarga akan membawa keharmonisan di tengah masyarakat. Keharmonisan di tengah masyarakat adalah modal untuk membangun peradaban.

Tanpa keharmonisan, masyarakat sulit bersinergi dan saling baku hantam demi kepentingan golongannya masing-masing. Energi akan banyak teralihkan, alih-alih bekerja sama, masyarakat yang tidak harmonis akan menghabiskan waktu untuk hal-hal yang tidak prioritas. Belum lagi upaya untuk meluruskan kesalahpahaman hingga mendamaikan dan mengukuhkan persaudaraan. Sehatnya keluarga adalah sehatnya masyarakat, keluarga adalah elemen inti pembentuk suatu masyarakat.

Lantas, hal apa saja yang perlu diwujudkan demi lahirnya keharmonisan keluarga?

Pertama ialah keharmonisan antara suami dan istri. Sebab ia adalah esensi dari kehidupan berkeluarga. Keharmonisan ini merupakan pondasi bagi masyarakat yang sehat.

وَمِنۡ ءَايَٰتِهِۦٓ أَنۡ خَلَقَ لَكُم مِّنۡ أَنفُسِكُمۡ أَزۡوَٰجٗا لِّتَسۡكُنُوٓاْ إِلَيۡهَا وَجَعَلَ بَيۡنَكُم مَّوَدَّةٗ وَرَحۡمَةًۚ

Dan di antara tanda-tanda-Nya ialah Dia menciptakan untuk kamu pasangan-pasangan dari jenismu sendiri, supaya kamu tenang dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antara kamu mawaddah dan rahmah . [Surah Ar-Rūm: 21]

Baca juga: Membentuk Keluarga Ideal, Membina Masyarakat

Allah Swt melalui syariat pernikahan telah menjadikan potensi sakinah, cinta kasih, mawaddah wa rahmah bagi pasangan suami istri untuk satu tugas yang berat tetapi mulia, yakni melanjutkan generasi dan membangun dunia sebagai tugas kekhalifahan dan pengabdian kepada Allah Swt.

Hal kedua untuk membentuk keluarga yang harmonis ialah pemimpin keluarga yang adil. Peran suami sebagai pemimpin keluarga harus diiringi dengan keadilan dan kasih sayang. Begitu pula peran istri sebagai mitra hidup yang saling mendukung.

Tanggung jawab suami sebagai pemimpin dalam keluarga harus dijalankan dengan keteladanan dan kebijaksanaan. Keselarasan antara suami dan istri dalam menjalankan peran masing-masing adalah kunci untuk membentuk keluarga yang ideal.


Sekarang traktir Tim TQNNEWS gak perlu ribet, sat-set langsung sampe!
Terima kasih ya sudah support kami. Salam cinta penuh kehangatan :)
https://sociabuzz.com/tqnn/tribe
______
Rekomendasi