Mengenal Batik Betawi

Daerah-daerah perbatikan ketika itu, proses pembatikan dilakukan di rumah-rumah penduduk

Juga tidak lagi terdengar pada saat batik Indonesia diakui oleh UNESCO sebagai warisan atau identik dengan bangsa Indonesia, pada saat pemerintah menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai hari batik nasional dan para PNS mempunyai seragam batik dengan motif khusus yang mereka gunakan untuk bekerja di hari-hari tertentu.

Namun, kondisi ini tampaknya tidak berlangsung lama. Adalah budayawan Ridwan Saidi, salah satu dari beberapa tokoh Betawi yang prihatin terhadap tenggelamnya pamor batik Betawi. Dia kemudian mengembangkan batik dengan motif-motif khas Betawi. Di antara motif-motif tersebut bahkan sudah ada yang ia patenkan.

Baca juga: Lima Destinasi Pariwisata Halal Terbaik di Indonesia

Di Tahun 2010-an, kebangkitan batik Betawi kemudian muncul dari seorang anak muda Betawi, Ernawati, dengan merek Seraci yang didukung oleh bibinya Umi S. Adi Susilo, seorang pengusaha batik. Motif-motif batik Betawi yang dibuat Ernawati, seperti motif Ondel-Ondel, Si Pitung, Topeng Betawi, Ngangon Kebo, Nandur, dan Monas banyak digemari berbagai kalangan dan ditiru para pengrajin batik Betawi lainnya.

Kepedulian juga datang dari orang nomor satu di Ibu Kota yang putra Betawi, Fauzi Bowo. Bang Foke, sapaan akrabnya. bahkan mengamanatkan secara khusus kepada para pengurus LKB periode 2012-2015 yang ia kukuhkan untuk segera melakukan inventarisasi terhadap batik-batik Betawi dan melakukan pengembangannya agar pamor batik Betawi kembali mencuat. []

Penulis juga merupakan penulis Buku Koleksi Batik Betawi dari Seraci


Sekarang traktir Tim TQNNEWS gak perlu ribet, sat-set langsung sampe!
https://sociabuzz.com/tqnn/tribe
Terima kasih ya sudah support kami. Salam cinta penuh kehangatan :)
______
Rekomendasi