Lima Destinasi Pariwisata Halal Terbaik di Indonesia

Kementerian Pariwisata menyelenggarakan Indonesia Muslim Travel Index dan menetapkan lima destinasi pariwisata halal terbaik di Indonesia. Dalam penilaiannya, ada empat hal yang menjadi indikator utama yang telah ditetapkan oleh GMTI (Global Muslim Travel Index) yaitu, aksesibilitas, komunikasi, lingkungan, dan layanan.

Lombok

Pulau ini dihuni oleh oleh mayoritas penduduk muslim. Hotel-hotel di sana pun menerapkan aturan sesuai ajaran Islam. Seperti akses makanan halal dan kemudahan beribadah. Banyaknya masjid di Lombok membuatnya dijuluki Pulau Seribu Masjid.

Bahkan Lombok dinobatkan oleh GMTI pada 2019 sebagai destinasi wisata halal terbaik di Indonesia dan dunia. Bahkan penulis Novel “Eat, Pray, Love” Elizabeth Gilbert menemukan sisi terindah dari Islam di Lombok. Di antara destinasi di Lombok ialah Masjid Raya Hubbul Wathan Islamic Center NTB, Makam Batu Layar, Masjid Kuno Gunung Pujut, Desa Wisata Setanggor dan Masjid Kuno Bayan.

Baca juga: Wisata Itu Ibadah loh, Ini Empat Prinsipnya

Aceh

Dijuluki Serambi Mekkah, Aceh punya banyak destinasi pariwisata halal. Mulai dari Banda Aceh dan Aceh Besar untuk budaya yang meliputi atraksi unggulan Masjid Raya Baiturrahman, Pantai Lampuuk, Taman Sari Gunongan, Pulau Tailana dan Pantai Ulee Lheu.

Kemudian, Sabang dengan destinasi alam meliputi tugu Pulau Weh, snorkeling Pantai Iboih, Tugu Kilometer 0, Pantai Iboih dan Pantai Sumur Tiga. Lalu Aceh Jaya dengan panorama alam yang meliputi Teluk Rigaih, Gunung Geurutee, Pasi Saka, Pulau Tsunami dan Arung Jeuram Sungai Teunom.

Selanjutnya Dataran Tinggi Gayo dengan mengusung konsep alam dan budaya yang meliputi Danau Laut Tawar, Gua Loyang Koro, Pantan Terong, Wih Terjun dan Pantai Menye.

Serta Singkil Pulau Banyak dengan konsep alam yang meliputi snorkeling, Hopping Island, dermaga Singkil, Desa ulo Saruk, Pulau Panjang, Rangit, Melelo, Palambak, Tailana, Sikandang, Asok dan Lambudung.

Riau dan Kepulauan Riau

Terus mengembangkan pariwisata halal, Gubernur mengeluarkan peraturan tentang wisata ramah muslim. Tak heran jika dijuluki Negeri Seribu Suluk. Masyarakat yang kental dengan budaya Melayu ini juga masih banyak yang menggunakan tulisan Arab Melayu.

Selain itu terdapat paket religi ke masjid-masjid bersejarah. Di antara destinasi yang bisa dikunjungi ialah Komplek Makam Mahrum Pekan, Masjid Jami’, Istana Siak. Bahkan, Kabupaten Rokan Hulu telah menerapkan aturan-aturan Islam sehingga dijuluki Negeri Seribu Suluk.

Sumatera Barat

Budaya dan tradisi Minangkabau searah dengan syariah, sesuai dengan prinsip utamanya yaitu adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah yang artinya adat berpegang pada peraturan dan peraturan berpegang pada Al Qur’an.

Destinasi yang patut untuk disambangi, di antaranya ialah Masjid Raya Sumatera Barat, Miniatur Mekkah, Pantai Padang, Pantai Air Manis, Danau Singkarak, Jam Gadang, Pulau Cubadak, Museum Adityawarman, dan Jembatan Siti Nurbaya.

Baca juga: Ini Dia Wisata Pulau Bersejarah di Jakarta

DKI Jakarta

Masjid Istiqlal yang berada di pusat kota Jakarta merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara dan menjadi icon wisata halal. Banyak makam ulama dan para wali yang dimakamkan di ibu kota negara tersebut.

Di antara destinasi halal Jakarta ialah TMII, Kawasan Kota Tua, Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Senayan, Taman Impian Jaya Ancol, dan Kepulauan Seribu.

Rekomendasi