Tafsir Manqabah Bulan Rabi’ul Akhir, Manajemen Kematian

Di bulan Rabi'ul Akhir biasanya ada dua manqabah yang dibaca, yaitu ke-51 dan ke-53

Nafsu Muthmainnah (dari kata thuma’ninah artinya tenang). Nafsu ini sudah stabil dan mendapat panggilan dari Allah,” Hai jiwa yang tenang. Kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang ridha lagi diridhai-Nya. Maka masuklah ke dalam golongan hamba-hamba-Ku dan masuklah ke dalam surga- Ku.” (QS. Al-Fajr: 27-30).

Setelah itu di atasnya ada lagi nafsu radhiyah (selalu ridha dalam kesulitan dan penderitaan apapun), nafsu mardhiyah (diridhai oleh Allah dan makhluk) dan nafsu kamilah (sempurna).

Ketiga, bersikap zuhud saat masih hidup di dunia.

Zuhud bukanlah anti dunia atau tidak memiliki dunia. Zuhud ialah hatinya hanya diisi dengan Allah. Tujuan hidupnya adalah ridha Allah. Walau kekayaan berlimpah ruah dalam genggamannya, namun hatinya tidak terpalingkan dan terus berdzikir serta beribadah kepada Allah. “Seseorang yang tidak lalai karena perniagaan dan tidak pula karena berjual beli dari mengingat Allah dan mendirikan shalat serta menunaikan zakat. Mereka takut akan hari yang bergoncang segala hati dan pemandangan di waktu itu.” (QS. An-Nuur: 37).

Baca juga: Syekh Abdul Qadir Al Jailani Gemar Memberi Makan

Hati orang yang zuhud selamat (qalbun salim), karena dibersihkan dari sifat tercela dan dari segala sesuatu selain Allah. Hatinya selamat, maka anggota tubuh lainnya pun selamat dari siksa Allah. “Pada hari yang tidak bermanfaat harta benda dan tidak pula anak-anak, kecuali orang yang datang ke hadhirat Allah dengan hati yang suci.” (QS. Asy Syu’ara: 88-89). Demikian semoga kita dapat mengambil pelajaran dari manqabah wafatnya Syekh Abdul Qadir Jailani qs ini. Bi karamati Syekh Ahmad Shohibul Wafa Tajul Arifin ra, Al Fatihah… []

Sumber: Sinthoris Edisi Januari 2019 / Jumadil Ula 1440 H.


Sekarang traktir Tim TQNNEWS gak perlu ribet, sat-set langsung sampe!
https://sociabuzz.com/tqnn/tribe
Terima kasih ya sudah support kami. Salam cinta penuh kehangatan :)
______
Rekomendasi