Syekh Abdul Qadir Al Jailani Gemar Memberi Makan

Memberi makan merupakan ibadah dan amal shaleh yang memiliki keutamaan luar biasa di sisi Allah. Seluruh Nabi dan Rasul mencontohkan hal ini. Mereka adalah suri teladan bagi seluruh umat.

Misalnya, Nabi Ibrahim a.s. berjalan berkilo-kilo meter untuk mengajak orang untuk makan siang bersama. Inilah mengapa beliau dijuluki sebagai kekasih Allah.

Rasulullah Saw dan para sahabat di zamannya pun tak jauh berbeda. Penduduk satu negeri tak bisa luput dari kedermawanan mereka yang selalu menyiapkan makanan agar rakyat tak kelaparan. Sungguh, hal ini pun dilakukan oleh ulama-ulama dahulu yang sangat dekat dengan fakir miskin.

Baca juga: Syekh Abdul Qadir al Jailani Qs

Tak ketinggalan Syekh Abdul Qadir Al-Jailani pun kedermawanannya dikenal di pelosok negeri. Bayangkan, beliau setiap hari memberi makan ribuan orang di madrasahnya di Baghdad. Fakir miskin, anak yatim, musafir, janda-janda, santri dan jamaahnya ataupun bukan jamaah, muslim ataupun non muslim.

Sedikitnya, saya menemukan kisah kedermawanan beliau dalam 4 kitab biografi. Dan, ada kalimat indah dari beliau yang sering terngiang-ngiang di telinga saat cucunya beliau, yakni Syekh Muhammad Fadhil Al-Jailani Al-Hasani dan Syekh Rohimuddin Nawawi Al-Bantani berdiskusi tentang kedermawanan beliau di sebuah vila di samping Pondok Pesantren Azzainiyyah, Selabintana, Sukabumi. Beliau mengatakan bahwa Syekh Abdul Qadir Al-Jailani pernah berkata:

فتشت الأعمال كلها، فما وجدت فيها أفضل من إطعام الطعام، أود لو كانت الدنيا بيدي فأطعمها الجياع

“Aku telah meneliti seluruh amal shaleh. Aku tidak temukan di dalamnya yang lebih baik daripada memberi makan. Suatu kebahagiaan jika dunia berada di tanganku, lalu kuberikan makan orang-orang yang lapar.”

Baca juga: Syekh Abdul Qadir Menyelamatkan Sufi Yang Akan Dihukum Mati

Demikian ungkap Syekh Abdul Qadir Al-Jailani, dalam Kitab Qalaid Al-Jawahir fi Manaqib Syekh Abdul Qadir Al-Jailani, karya Muhammad ibn Yahya at-Tadzi dan Kitab Tarikh al-Islam, karya Adz-Dzahabi. Semoga cerita ini dapat menginspirasi kita. Aamiin.

Penulis: Halim Ambiya


Sekarang traktir Tim TQNNEWS gak perlu ribet, sat-set langsung sampe!
https://sociabuzz.com/tqnn/tribe
Terima kasih ya sudah support kami. Salam cinta penuh kehangatan :)
______
Rekomendasi