Pengobatan Jiwa, Kebutuhan Manusia Yang Tidak Banyak Disadari

Al Qur'an di banyak tempat disebutkan memiliki fungsi transformasi

Al Qur’an adalah mukjizat terbesar bagi Nabi Muhammad Saw. Al Qur’an di banyak tempat disebutkan memiliki fungsi transformasi. Transformasi terbesar yang hendak ditujunya ialah akhlak, sebagaimana misi Nabi Muhammad Saw.

إِنَّمَا بُعِثْتُ لِأُتَمِّمَ صَالِحَ الْأَخْلَاقِ

Sungguh aku hanyalah diutus untuk menyempurnakan baiknya akhlak. (HR. Ahmad)

Sayyidah Aisyah pernah ditanya perihal akhlaknya Rasulullah Saw. Beliau Ra pun menjawab secara singkat.

كَانَ خُلُقُهُ الْقُرْآنَ

Akhlaknya beliau Saw adalah Al Qur’an. (HR. Ahmad)

Prof. Dr. M. Quraish Shihab menyebutkan ada tiga tujuan dari kehadiran Al Qur’an. Pertama adalah mempercayai aqidahnya. Kedua, melaksanakan tuntunannya. Ketiga, menghiasi diri dengan akhlak.

Baca juga: Fiqih dan Tasawuf Seperti Jasad dan Ruh

Ini artinya, akhlak yang diidamkan oleh Al Qur’an bukan hanya melahirkan sikap baik secara dzahir saja terhadap pihak lain. Al Qur’an sebagai akhlak nabi Muhammad Saw mencakup bagaimana kita mengikuti aqidahnya yang benar, menjalankan tuntunan di dalamnya yakni syari’atnya dalam semua aspek kehidupan, serta menghias diri dengan akhlak yang mulia sebagaimana diteladankan oleh Rasulullah Saw. Ketiganya saling terkait satu sama lain tidak terpisahkan.

Dalam melakukan transformasi tersebut tasawuf bisa dibilang ilmu yang paling tepat, seperti yang disampaikan Imam Abul Fadhl Abdullah bin Muhammad As Shiddiq Al Ghumari Al Idrisi Al Hasani.

أن التصوف عني بتهذيب الأخلاق وتزكيتها ، ومخالفة هوى النفس والأخذ بعزائم الأمور، والارتفاع بالنفس عن حضيض الشهوات إلى حيث تتمتع بما تورثه الطاعة من لذة روحية تصغر بجانبها كل لذة مهما عظم قدرها.

Bahwa tasawuf berorientasi pada pembenahan dan perbaikan akhlak. Tasawuf juga identik dengan melawan hawa nafsu dan mengambil ‘azimah (hukum syariat yang berlaku umum), serta meninggikan jiwa dari rendahnya syahwat sehingga bisa merasakan kelezatan ruhani dalam menjalankan ketaatan yang dapat mengecilkan kenikmatan lainnya sekalipun besar kadarnya.

Baca juga: Tasawuf Wujud Akhlak Sahabat Tabiin dan Salafus Salih


Sekarang traktir Tim TQNNEWS gak perlu ribet, sat-set langsung sampe!
https://sociabuzz.com/tqnn/tribe
Terima kasih ya sudah support kami. Salam cinta penuh kehangatan :)
______
Rekomendasi