Ini Faidah Mulia Membaca Bismillah

Ketika menafsirkan bismillahirrahmanirrahim, ulama menyisipkan “saya memulai pekerjaan ini dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang”.

Ada juga ulama yang mengatakan bismillah sisipannya ialah “dengan (kuasa atau pertolongan) Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang”.

Artinya dengan mengucap bismillah tertanam di dalam qalbu bahwa saya adalah yang makhluk lemah. Saya tidak bisa melakukan ini kecuali dengan bantuan Allah. Dan dengan menyebut bismillahirrahmanirrahim qalbu menjadi kuat dan besar.

Prof. Dr. M. Quraish Shihab menerangkan bahwa beragama adalah meneladani sifat Allah sesuai kemampuan kita.

Baca juga: Belajar dari al Fatihah, Tujuh Ayat yang Diulang-ulang

Di dalam bismillah terdapat Ar Rahman, Pelimpah Kasih kepada seluruh makhluk, baik manusia atau pun bukan, baik mukmin atau bukan, tua ataupun muda, hewan atau pun tumbuhan. Sementara Ar Rahim ialah Pelimpah Rahmat di akhirat khusus kepada yang mukmin.

“Kita diperintahkan untuk menanamkan ke dalam jiwa kita rahmat seperti rahmat Allah yang melimpah kepada seluruh makhluk. Kalau kita menghayati ketika membaca basmalah pasti yang keluar dari aktivitas kita juga merupakan rahmat,” ujarnya.

Dibukanya Al Qur’an dengan bismillah menjadi petunjuk bagi kita agar membuka setiap perbuatan dan ucapan kita dengannya. Dalam hadis disebutkan,

كل أمر ذي بال لا يبدأ فيه ببسم الله الرحمن الرحيم فهو أبتر أي ناقص

Setiap urusan penting yang tidak dimulai di dalamnya dengan bismillahirrahmanirrahim maka dia terputus (berkurang).

Baca juga: Perbedaan Fungsi Antara Zakat Fitri dan Zakat Mal

Selain itu, Bismillahirrahmanirrahim juga memiliki banyak faidah yang mulia sebagaimana disebutkan dalam Rawa’iul Bayan. Di antaranya membacanya sebagai tabarruk (mengambil berkah). Kemudian sebagai bentuk pengagungan (ta’dzim) kepada Allah.

Membaca Basmalah juga sebagai upaya untuk menghalau setan karena setan melarikan diri tatkala disebut nama Allah. Selain itu, memulai sesuatu dengan bismillah untuk membedakan kebiasaan kaum muslimin dengan kaum musyrikin yang membuka urusannya dengan menyebut berhala atau makhluk yang disembah.

Membaca bismillah juga memohon keamanan dan perlindungan Allah Swt. Sebagai ikrar ketuhanan sekaligus pengakuan atas segala nikmat, dan demi memohon pertolongan Allah Swt.

Rekomendasi