Empat Rumah Sakit Tertua Ini Berasal dari Wakaf

Telah terbukti bahwa wakaf bila dikelola secara produktif akan semakin bermanfaat bagi masyarakat. Lalu apa yang dimaksud dengan wakaf produktif? Mengacu pada UU Wakaf 41 Tahun 2004 (Pasal 42 dan 43), pengelolaan dan pengembangan harta benda wakaf dilakukan secara produktif.

Artinya, pengelolaan harta benda wakaf dikembangkan menjadi investasi, penanaman modal, produksi, sarana pendidikan atau kesehatan, dan usaha-usaha lain yang tidak bertentangan dengan syariah.

Di antara wakaf produktif yang bermanfaat itu ialah sarana kesehatan atau rumah sakit. Dilansir dari literasi zakat wakaf Kemenag RI, berikut ini empat rumah sakit tertua di dunia yang berasal dari wakaf:

1. Bimaristan Al Nuri

Berada di kawasan Damaskus, Suriah. Bangunan utama rumah sakit ini dibangun Sultan Zangid Nuruddin Mahmud bin Zangi pada tahun 1154/548 H.

Baca juga: Wakaf Danai 300 Ribu Mahasiswa Universitas Al Azhar

Pada era kejayaannya, bangunan ini terus beroperasi hingga awal abad ke 20. Kini, Bimaristan Al Nuri beralih fungsi sebagai museum kedokteran Islam dan digantikan oleh rumah sakit universitas.

2. Bimaristan Sultan Qalawun Kairo, Mesir

Bangunan bersejarah ini dibangun pada tahun 1284 M/ 683 H oleh penguasa Dinasti Mamluk, yaitu Sultan Amir ‘Alam Al-Din Sanjar Al-Shuja’i. Di area ini juga terdapat Makam “Sultan Qalawun”, makam terindah ke-2, setelah Taj Mahal di India

3. Bimaristan Divrigi

RS tertua yang terletak di Divrigi di Anatolia Timur, sekarang di Provinsi Sivas, Turki. Bangunan multifungsi ini digunakan sebagai masjid dan kompleks pengobatan.

Karena sejarahnya yang kental, pada tahun 1985 rumah sakit ini resmi menjadi situs warisan dunia UNESCO.

Baca juga: Spirit Fastabiqul Khairat Dengan Wakaf

4. Rumah Sakit Tertua di Baghdad

RS terpenting di Baghdad dibangun pada tahun 982 M/ 372 H oleh Adud ad-Dawlah. Rumah sakit hasil wakaf tersebut memiliki 25 dokter andal dan beberapa perawat sebagai bentuk pengabdian terhadap masyarakat.

Rumah sakit pun melayani semua kalangan, baik muslim atau non muslim.


Sekarang traktir Tim TQNNEWS gak perlu ribet, sat-set langsung sampe!
https://sociabuzz.com/tqnn/tribe
Terima kasih ya sudah support kami. Salam cinta penuh kehangatan :)
______
Rekomendasi