Bagaimana Kaifiat Mengamalkan Shalawat Bani Hasyim?

Dalam tanya jawab amaliah yang diadakan majelis dzikir SAEPI dan LDTQN Jakarta muncul pertanyaan, bagaimana sebetulnya kaifiat atau tata cara mengamalkan shalawat Bani Hasyim?

Ustadz H. Andhika Darmawan yang mengampu sesi tersebut menuturkan, bahwa dalam mengamalkan shalawat Bani Hasyim itu seperti mengamalkan shalawat-shalawat lainnya.

Artinya, boleh mengamalkan shalawat dalam keadaan berwudhu maupun tidak berwudhu. Namun, kata ustadz Andhika, dari segi adab tentu yang lebih baik ialah mengamalkan shalawat dalam keadaan berwudhu.

Baca juga: Shalawat Bani Hasyim Antara Karamah Abah Sepuh dan Khasiatnya

Kemudian, shalawat Bani Hasyim juga boleh dilakukan atau diamalkan di mana pun dan kapan pun. Bahkan shalawat ini bisa dibaca dalam keadaan apa pun.

Kendati bisa diamalkan di mana saja, Wakil Ketua LDTQN DKI Jakarta tetap mengingatkan ada tempat-tempat yang tidak selayaknya seseorang melakukan dzikrullah dan membaca shalawat.

“Kecuali di tempat tempat yang tidak selayaknya kita melakukan dzikrullah dan membaca shalawat. Jadi baca shalawatnya bebas,” ujarnya.

Adapun lafadz dari shalawat Bani Hasyim sebagai berikut:

اللهم صل على النّبي الهاشمي محمد وعلى آله وسلم تسليما

Shalawat Bani Hasyim, tambah ustadz Andhika, boleh disenandungkan atau dibaca dengan cepat. Ketika disenandungkan akhirnya dibaca taslimaa, ketika dibaca cepat dibaca tasliman.

Baca juga: Saat Abah Sepuh Mendapat Ijazah Shalawat Bani Hasyim

“Ini yang disampaikan pengemban amanah saat mendampingi Pangersa Abah ziarah ke Sayyidina Kholil Bangkalan. Ijazahnya adalah dari Pangersa Abah sepuh yang menerima dari Sayyidina Kholil dibacanya dengan tasliman,” imbuhnya.

Walhasil, shalawat ini dibaca sesukanya, seikhlasnya, semampunya tanpa ada batasan. Yang penting niatnya lillahi ta’ala semata mata dalam rangka mencintai Baginda Nabi Muhammad Saw.


Sekarang traktir Tim TQNNEWS gak perlu ribet, sat-set langsung sampe!
https://sociabuzz.com/tqnn/tribe
Terima kasih ya sudah support kami. Salam cinta penuh kehangatan :)
______
Rekomendasi