Wasiat Nabi Untuk Selalu Mencintai Ahlul Bait

Keturunan Nabi Muhammad Saw masih hidup di tengah-tengah kita

Keturunan Nabi Muhammad Saw masih hidup di tengah-tengah kita. Kita pun mengenali mereka, bahkan mereka yang sudah wafat, kita juga mengetahui kuburan mereka. Mereka telah meninggalkan suri tauladan yang baik dan jalan yang lurus untuk kita.

عَنْ زَيْدِ بْنِ أَرْقَمَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَا : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : ” إِنِّي تَارِكٌ فِيكُمْ مَا إِنْ تَمَسَّكْتُمْ بِهِ لَنْ تَضِلُّوا بَعْدِي أَحَدُهُمَا أَعْظَمُ مِنَ الْآخَرِ : كِتَابُ اللَّهِ حَبْلٌ مَمْدُودٌ مِنَ السَّمَاءِ إِلَى الْأَرْضِ، وَعِتْرَتِي أَهْلُ بَيْتِي، وَلَنْ يَتَفَرَّقَا حَتَّى يَرِدَا عَلَيَّ الْحَوْضَ، فَانْظُرُوا كَيْفَ تَخْلُفُونِي فِيهِمَا

Zaid bin Arqam menuturkan bahwa Rasulullah Saw berpesan, “Sesungguhnya aku tinggalkan di tengah kalian sesuatu yang selama kalian berpegang teguh padanya, kalian tidak akan tersesat sepeninggalku. Yang satu lebih berat dari yang lain. Pertama adalah kitabullah, ia tali yang membentang dari langit ke bumi. Kedua ialah keturunanku, yakni ahli baitku. Keduanya tidak akan berpisah, sampai keduanya datang ke telagaku. Maka perhatikanlah oleh kalian, bagaimana diri kalian meninggalkanku di dalam keduanya”. (HR.Tirmidzi).

Syekhul Islam, Habib Abdullah bin Alawi Al Haddad dalam kitabnya Al Fushulul Ilmiyah wal Ushul Al Hikamiyah menyebut bahwa ahlul bait Rasulullah Saw harus dihormati dan dicintai.

لأهل بيت رسول الله صلى الله عليه وسلم شرف ولرسول الله صلى الله عليه وسلم بهم مزيد عناية وقد أكثر على أمته من الوصية بهم والحث على حبهم ومودتهم

Ada kemuliaan tersendiri bagi ahli bait Rasulullah Saw, dan Rasulullah Saw memberikan perhatian (menunjukkan kepedulian) yang besar kepada mereka. Beliau juga banyak berwasiat dan mengimbau umatnya untuk mencintai dan menyayangi mereka. Baca juga…

Terkait mencintai dan menghormati keluarga serta kerabat Rasulullah Saw, Allah Swt telah memerintahkan di dalam al Qur’an:

قُلْ لَّآ اَسْـَٔلُكُمْ عَلَيْهِ اَجْرًا اِلَّا الْمَوَدَّةَ فِى الْقُرْبٰىۗ

Katakanlah (Muhammad), “Aku tidak meminta kepadamu sesuatu imbalan pun atas seruanku kecuali kasih sayang dalam kekeluargaan.” (Asy Syura: 23).

Sebagaimana pada ayat diatas Rasulullah Saw tidak meminta imbalan atas dakwah (tabligh) yang beliau lakukan. Akan tetapi beliau meminta untuk menjaga kerabat serta keluarganya, berbuat baik kepada mereka, serta tidak menyakiti mereka.

Namun perlu dicatat, bahwa upaya ihsan terhadap ahlil bait Rasulullah Saw bukan berarti itulah ganjaran atas perjuangan beliau. Karena pasti kita tidak sanggup membalas kebaikan beliau. Melainkan hal tersebut sebagai bentuk akhlakul karimah kepada beliau Saw dan keluarga beliau sebagaimana ditetapkan oleh syariat.

Allah Swt juga berfirman:

اِنَّمَا يُرِيْدُ اللّٰهُ لِيُذْهِبَ عَنْكُمُ الرِّجْسَ اَهْلَ الْبَيْتِ وَيُطَهِّرَكُمْ تَطْهِيْرًاۚ

Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, wahai ahlulbait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya. (Al Ahzab: 33)

Syekh Ali Jum’ah menyebut dalam kitabnya Aqidah Ahlussunnah wal Jama’ah bahwa dengan demikian, cinta kepada Allah, cinta kepada Rasulullah dan cinta kepada keluarga Rasul-Nya termasuk pilar keimanan. Baca juga…

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ ، قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : ” أَحِبُّوا اللَّهَ لِمَا يَغْذُوكُمْ مِنْ نِعَمِهِ، وَأَحِبُّونِي بِحُبِّ اللَّهِ، وَأَحِبُّوا أَهْلَ بَيْتِي بِحُبِّي

Ibnu Abbas meriwayatkan bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Cintailah Allah karena nikmat-nikmat-Nya yang akan menemuimu, cintailah aku karena cinta kepada Allah, dan cintailah ahli baitku karena cinta kepadaku (HR. Tirmidzi).

وَإِنَّهُ يَنْقَطِعُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ الْأَنْسَابُ وَالْأَسْبَابُ إِلَّا نَسَبِي وَسَبَبِي

Sesungguhnya pada hari Kiamat, semua nasab (keturunan) akan terputus kecuali nasab, dan sebabku (hubungan kekeluargaan dan hubungan kekerabatanku) (HR. Ahmad).


Sekarang traktir Tim TQNNEWS gak perlu ribet, sat-set langsung sampe!
https://sociabuzz.com/tqnn/tribe
Terima kasih ya sudah support kami. Salam cinta penuh kehangatan :)
______
Rekomendasi