Tanbih Sebagai Pedoman TQN Pondok Pesantren Suryalaya

Tanbih ini adalah tanbih dari Abah Sepuh tetapi disampaikan oleh Abah Anom

Mursyid Syekh Ahmad Shohibulwafa Tajul Arifin (Abah Anom), sebagai mursyid penerus mursyid KH. Abdullah Mubarok bin Nur Muhammad (Abah Sepuh) telah mengeluarkan wasiat atau pesan penting pada tanggal 13 Februari 1956.

Pesan itu disebut tanbih. Sesungguhnya, tanbih ini adalah tanbih dari Abah Sepuh tetapi disampaikan oleh Abah Anom. Menurut Ahmad Tafsir, hal seperti ini di dunia tarekat adalah hal biasa.

Untuk pertama kalinya, tanbih dikeluarkan dalam bahasa Sunda, kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Tanbih berisi tentang inti sari ajaran Tarekat Qadiriyah Naqsyabandiyah. Tanbih terutama berfungsi sebagai pedoman dan tuntunan beramal sehari-hari bagi para murid tarekat ini.

Baca juga: Berawal Dari Wasiat Syekh Tholhah, Inilah Latar Belakang Dibentuknya LDTQN Suryalaya

Tanbih memiliki banyak pengertian, yaitu tanbih berarti wasiat, peringatan, nasihat, amanat dan pedoman. Penjelasan pengertian-pengertian tersebut adalah sebagai berikut:

Tanbih sebagai wasiat

Kata wasiat di sini bukanlah wasiat dalam pengertian hukum. Wasiat di sini berarti pesan yang memberikan konsekuensi bagi orang yang menerima wasiat itu untuk melaksanakannya. Pengertian wasiat di sini ialah seperti yang terkandung dalam Q.S. al-Baqarah: 132, yang artinya:

Ibrahim telah mewasiatkan ucapan itu kepada anak-anaknya, demikian pula Ya’qub. (Ibrahim berkata): “Hai anak-anakku! Sesungguhnya Allah telah memilih agama ini bagimu, maka janganlah kamu mati kecuali dalam memeluk agama Islam Pengertian wasiat seperti ini terdapat pula dalam al-Qur’an surat Luqman.

Tanbih berarti peringatan

Pengertian ini dijelaskan dalam Q.S. Yasiin: 11, yang artinya: kamu hanya memberi peringatan kepada orang-orang yang mau mengikuti peringatan dan yang takut kepada Tuhan yang Mahapemurah walaupun Dia tidak melihatnya. Maka berilah mereka kabar gembira dengan ampunan dan pahala yang mulia.”

Baca juga: Dakwah TQN di Tengah Keluarga Terutama bagi Anak


Sekarang traktir Tim TQNNEWS gak perlu ribet, sat-set langsung sampe!
https://sociabuzz.com/tqnn/tribe
Terima kasih ya sudah support kami. Salam cinta penuh kehangatan :)
______
Rekomendasi