Tanbih Sebagai Pedoman TQN Pondok Pesantren Suryalaya

Tanbih ini adalah tanbih dari Abah Sepuh tetapi disampaikan oleh Abah Anom

Tanbih berarti nasihat

Pengertian ini dijelaskan dalam Q.S. Luqman : 13, yang artinya: “Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: “Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, Sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar.”

Tanbih berarti amanat

Penjelasan pengertian ini terdapat dalam Q.S. al-Ahzab: 72, yang artinya: “Sesungguhnya Kami telah mengemukakan amanat (tugas-tugas keagamaan) kepada langit, bumi dan gunung-gunung, Maka semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan mereka khawatir akan mengkhianatinya, dan dipikullah amanat itu oleh manusia. Sesungguhnya manusia itu amat zalim dan amat bodoh.”

Tanbih berarti pedoman

Isi tanbih Abah Sepuh memang merupakan pedoman, terutama sebagai bertindak dalam kehidupan ini. Dengan kata lain, tanbih adalah petunjuk. Banyak ayat al-Qur’an yang menjelaskan bahwa al-Qur’an itu berisi petunjuk, seperti Q.S. al-Baqarah: 38, Thoha: 123, dan lain sebagainya. Karena tanbih sebagai petunjuk, maka tanbih berarti juga tuntunan dan bimbingan.

Baca juga: Prakarsa Abah Sepuh dalam Pengembangan TQN

Berdasarkan pengertian-pengertian tanbih tersebut, maka tanbih merupakan sebuah wasiat, pesan, tuntunan, peringatan, pedoman bagi para ikhwan dalam mengamalkan ajaran Islam menurut metode Tarekat Qadiriyah Naqsyabandiyah.

Oleh: Dr. H. Jamaludin, M.Ag (Anggota Dewan Kehormatan LDTQN Pontren Suryalaya) dalam Cakrawala Tasawuf TQN Pesantren Suryalaya: Dialektika Spiritualisme, Tradisionalisme dan Modernisme. []


Sekarang traktir Tim TQNNEWS gak perlu ribet, sat-set langsung sampe!
https://sociabuzz.com/tqnn/tribe
Terima kasih ya sudah support kami. Salam cinta penuh kehangatan :)
______
Rekomendasi