Sembilan Cara Yang Diajarkan Rasulullah Untuk Meluaskan Rezeki

Memang rezeki yang luas bukan menjadi indikator yang pasti kemuliaan seseorang

Allah meluaskan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Rezeki yang Allah berikan bukan sebatas materi, banyak hal di luar materi termasuk rezeki termasuk kesehatan, kedamaian hati, dan kelapangan hidup.

Memang rezeki yang luas bukan menjadi indikator yang pasti kemuliaan seseorang, karena sejatinya lapang dan sempitnya rezeki berada di tangan Allah Swt. Karena itu sudah sepatutnya kita bersyukur dan ridha atas ketentuan dari-Nya menyangkut rezeki.

Ada beberapa hal yang diajarkan Rasulullah Saw dan bisa menjadikan Allah meluaskan rezeki bagi hamba-Nya. Pertama, ialah bertaqwa kepada Allah Swt. Sebagaimana dijanjikan dalam surah At Thalaq ayat 2-3.

وَمَن يَتَّقِ ٱللَّهَ يَجۡعَل لَّهُۥ مَخۡرَجٗا

Barangsiapa bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya,

وَيَرۡزُقۡهُ مِنۡ حَيۡثُ لَا يَحۡتَسِبُۚ وَمَن يَتَوَكَّلۡ عَلَى ٱللَّهِ فَهُوَ حَسۡبُهُۥٓۚ

Dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan) nya.

Baca juga: Ini Penyebab-penyebab Rezeki Terhalangi

Di ayat yang lain, orang yang bertaqwa akan dibukakan aneka keberkahan dari langit dan bumi.

وَلَوۡ أَنَّ أَهۡلَ ٱلۡقُرَىٰٓ ءَامَنُواْ وَٱتَّقَوۡاْ لَفَتَحۡنَا عَلَيۡهِم بَرَكَٰتٖ مِّنَ ٱلسَّمَآءِ وَٱلۡأَرۡضِ وَلَٰكِن كَذَّبُواْ فَأَخَذۡنَٰهُم بِمَا كَانُواْ يَكۡسِبُونَ

Dan sekiranya penduduk negeri beriman dan bertakwa, pasti Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi ternyata mereka mendustakan (ayat-ayat Kami), maka Kami siksa mereka sesuai apa yang telah mereka kerjakan. [Surah Al-A’rāf: 96]

Yang kedua ialah senantiasa bertobat dan beristighfar atau memohon ampun kepada Allah Swt. Sebab yang menjadi salah satu penghalang rezeki ialah adanya dosa.

إِنَّ الْعَبْدَ لَيُحْرَمُ الرِّزْقَ بِالذَّنْبِ يُصِيبُهُ

Sungguh seorang hamba terhalangi rezekinya karena dosa yang diperbuatnya (HR. Ahmad).

مَنْ لَزِمَ الِاسْتِغْفَارَ جَعَلَ اللَّهُ لَهُ مِنْ كُلِّ ضِيقٍ مَخْرَجًا، وَمِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجًا، وَرَزَقَهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ

Siapa yang melazimkan (dawam) istighfar Allah jadikan baginya jalan keluar atas setiap kesempitan, kelapangan bagi setiap kesusahan, dan memberinya rezeki dari jalan yang dia tidak sangka (HR. Abu Dawud).


Sekarang traktir Tim TQNNEWS gak perlu ribet, sat-set langsung sampe!
https://sociabuzz.com/tqnn/tribe
Terima kasih ya sudah support kami. Salam cinta penuh kehangatan :)
______
Rekomendasi