Profil Inabah Pondok Pesantren Suryalaya

Metode inabah baik secara teoretis maupun praktis didasarkan pada Al-Qur’an

Abah Anom Sebagai inovator dan pelopor berdirinya inabah dan sekaligus Guru Mursyid TQN Pondok Pesantren Suryalaya dalam bukunya ibadah sebagai methoda pembinaan korban Penyalahgunaan Narkotika dan Kenakalan Remaja menegaskan bahwa pembangunan nasional yang berdasarkan pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, pada hakikatnya merupakan pembangunan manusia seutuhnya, yakni adanya keseimbangan antara kehidupan di dunia dan di akhirat.

Allah berfirman dalam Al-qur’an surat al-Qashash ayat 77:

وَٱبۡتَغِ فِیمَاۤ ءَاتَىٰكَ ٱللَّهُ ٱلدَّارَ ٱلۡـَٔاخِرَةَۖ وَلَا تَنسَ نَصِیبَكَ مِنَ ٱلدُّنۡیَاۖ وَأَحۡسِن كَمَاۤ أَحۡسَنَ ٱللَّهُ إِلَیۡكَۖ

“Dan carilah pada apa yang telah dianugrahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (keni’matan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu.”

Betapa petingnya pendidikan ruhani yang dapat mendorong pada tujuan tersebut, di antaranya pendidikan akhlak dan yang penting adalah pelaksanaan ibadah secara intensif, khusyu’ serta dawam/langgeng.

Baca juga: Kurikulum dan Silabus Inabah Pondok Pesantren Suryalaya

Inabah adalah istilah yang berasal dari Bahasa Arab, anaba-yunibu (mengembalikan) sehingga inabah berarti pengembalian atau pemulihan. Maksudnya proses kembalinya seseorang dari jalan yang menjauhi Allah ke jalan yang mendekat ke Allah. Istilah ini digunakan pula dalam Al-Qur’an yakni dalam Luqman surat ke-31 ayat ke-15, Surat ke-42, Al-Syura ayat ke-10; dan pada surat yang lainnya.

Abah Anom menggunakan nama inabah menjadi metode bagi program rehabilitasi pecandu narkotika, remaja-remaja nakal, dan orang-orang yang mengalami gangguan kejiwaan. Konsep perawatan korban penyalahgunaan obat serta kenakalan remaja adalah mengembalikan orang dari perilaku yang selalu menentang kehendak Allah atau maksiat, kepada perilaku yang sesuai dengan kehendak Allah atau taat.


Sekarang traktir Tim TQNNEWS gak perlu ribet, sat-set langsung sampe!
https://sociabuzz.com/tqnn/tribe
Terima kasih ya sudah support kami. Salam cinta penuh kehangatan :)
______
Rekomendasi