Kurikulum dan Silabus Inabah Pondok Pesantren Suryalaya

Pendirian "Panti Asuh" yang kemudian pada tahun 1980 menjadi INABAH

“Sejak tahun 1977, sebagian remaja yang dititipkan oleh orang tuanya ke Pondok Pesantren Suryalaya adalah mereka yang menderita gangguan kejiwaan, antara lain terlibat penyalahgunaan narkotika, zat adiktif lain dan kenakalan remaja,” tulis Drs. I. Nurul Aen dalam Thoriqot Qodiriyyah Naqsabandiyah; Sejarah, Asal-usul, dan Perkembangannya.

Dalam pembinaannya sehari-hari, lanjutnya, mereka yang dititipkan tidak mungkin disatukan dengan santri/pelajar yang normal. Karena itu, bagi mereka diperlukan pembinaan khusus dalam rangka mengembalikan perilaku dan meningkatkan rasa keagamaan mereka.

Maka untuk menanggulangi masalah tersebut KH. A. Shohibulwafa Tajul Arifin qs memprakarsai pendirian “Panti Asuh” yang kemudian pada tahun 1980 menjadi INABAH.

Baca juga: Abah Anom, Inabah dan Pembangunan Nasional

Lalu bagaimana dengan kurikulum dan silabus Inabah?

Pada tahun 1977, untuk proses perwujudan pembinaan remaja yang terlibat penyalahgunaan narkotika dan kenakalan remaja tersebut diuji coba sebuah kurikulum dan silabus oleh KH. A. Shohibulwafa Tajul Arifin.

Setelah terbukti banyak manfaatnya, maka pada tahun 1985 kurikulum dan silabus tersebut dibakukan dan disusun dalam sebuah buku yang berjudul “Ibadah Sebagai Metoda Pembinaan Korban Penyalahgunaan Narkotika dan Kenakalan Remaja”. Buku ini dijadikan pegangan bagi para pembina INABAH khususnya, dan bagi ikhwan TQN pada umumnya serta dapat dimanfaatkan demi kemaslahatan umat manusia.

Adapun tujuan diterbitkannya buku ini, di samping sebagai bekal ibadah ikhwan-ikhwan TQN, juga untuk membantu Pemerintah RI dalam bidang pembinaan akhlak remaja, khususnya bagi mereka yang terlibat penyalahgunaan narkotika dan zat adiktif lain serta kenakalan remaja yang secara khusus dibina di INABAH putra-putri Pondok Pesantren Suryalaya.

Baca juga: Empat Jenis Riyadhah Dalam TQN Pontren Suryalaya

Kurikulum dan silabus tersebut dapat dilihat pada buku Ibadah Sebagai Metoda Pembinaan Korban Penyalahgunaan Narkotik dan Kenakalan Remaja. Secara ringkas pelaksanaan kurikulum dan silabus Inabah sebagai berikut:


Sekarang traktir Tim TQNNEWS gak perlu ribet, sat-set langsung sampe!
https://sociabuzz.com/tqnn/tribe
Terima kasih ya sudah support kami. Salam cinta penuh kehangatan :)
______
Rekomendasi