Peringati Hari Anak Nasional, Menteri PPPA Ajak Seluruh Elemen Penuhi Hak-Hak Anak

Dalam peringatan Hari Anak Nasional (HAN) yang dirayakan setiap tanggal 23 Juli, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) mengusung tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”.

“Tema tersebut bunda berharap menjadi pengingat bagi seluruh masyarakat Indonesia, bahwa kita tidak akan pernah mencapai Indonesia yang maju tanpa melindungi hak-hak anak kita,” ucap I Gusti Ayu Bintang Darmawati Menteri PPPA, Jum’at (23/07) melalui Live YouTube Kemen PPPA.

Sementara tagline “Anak Peduli di Masa Pandemi,” ia berharap dapat memotivasi anak-anak untuk tidak kalah dengan pandemi.

Menteri PPPA yang akrab disapa dengan Bintang Puspayoga mengajak seluruh elemen masyarakat agar memprioritaskan hak-hak anak.

Baca juga: Anak Adalah Anugerah Hiasan Dunia Sekaligus Ujian

“Anak-anakku, hari ini kita merayakan puncak Hari Anak Nasional (HAN) 2021. Perayaan HAN adalah momentum pengingat bagi kita semua. Masyarakat Indonesia untuk memprioritaskan hak-hak dasar anak,” ungkapnya.

Terdapat empat hal dasar anak, yaitu hak hidup, hak untuk tumbuh dan berkembang, hak untuk mendapatkan perlindungan dan hak untuk berpartisipasi.

Hak-hak tersebut, kata Bintang Puspayoga, dijamin pemenuhannya oleh semua pihak di sekitar anak. Mulai dari orang tua, lembaga masyarakat, dunia usaha, media, pemerintah maupun negara.

Maka meskipun HAN jatuh sekali setiap tahunnya, pemenuhan hak-hak anak harus terus dilakukan setiap hari. Karena, dengan terpenuhinya hak-hak dasar anak ini nantinya akan mendukung tumbuh kembang anak Indonesia secara optimal.

“Oleh karenanya, hak-hak dasar harus dapat dinikmati setiap anak tanpa terkecuali dalam situasi sesulit apapun,” tegasnya.

Dalam sambutannya, perempuan Bali pertama yang menjadi menteri ini mengajak anak-anak Indonesia tetap semangat untuk belajar dan berkarya, serta memiliki kepedulian untuk saling menjaga. Menjaga diri, menjaga keluarga, menjaga teman-teman dan menjaga Indonesia.

Baca juga: Teladankan Shalat Sejak Dini Pada Anak

Oleh karena itu ia mengajak anak-anak Indonesia tetap menjalankan prokes dan anak usia 12 tahun ke atas untuk melakukan vaksinasi.

Menurut, Bintang Puspayoga, anak-anak Indonesia tentu yang paling mengetahui permasalahan dan solusi dari berbagai isu yang melingkupi mereka.

Sehingga ia berharap dan memohon kepada pejabat pemerintah, serta petinggi dari berbagai sektor yang hadir pada hari ini, dapat benar-benar mendengarkan, mempertimbangkan, dan mewujudkan berbagai aspirasi anak dan mengedepankan prinsip kepentingan terbaik bagi anak.

Hari Anak Nasional dirayakan bukan hanya untuk selebrasi semata, tetapi untuk mengingatkan kita semua pentingnya kualitas hidup anak-anak Indonesia.

“Marilah kita bergandengan tangan, dan membangun kekuatan bersama untuk menuju Indonesia Layak Anak 2030, dan Indonesia Emas 2045,” pungkasnya.

Salah satu pemenuhan hak partisipasi anak, Kemen PPPA memfasilitasi Presiden Joko Widodo dan Menteri PPPA untuk bisa mendengar berbagai aspirasi anak hebat dari seluruh penjuru Indonesia melalui suara anak Indonesia dalam acara tersebut.

#harianaknasional #pppa #anakpedulidimasapandemi


Sekarang traktir Tim TQNNEWS gak perlu ribet, sat-set langsung sampe!
https://sociabuzz.com/tqnn/tribe
Terima kasih ya sudah support kami. Salam cinta penuh kehangatan :)
______
Rekomendasi