Pentingnya Edukasi dan Sertifikasi Nazhir Wakaf

Wakaf itu penting tapi siapa yang mengelola wakaf itu (the man behind the gun)

Edukasi melalui pelatihan dan sertifikasi bagu nazhir wakaf punya beberapa manfaat. Pertama agar profesi nazhir menjadi kian diakui. Kedua, dengan mengikuti pelatihan dan sertifikasi, secara formal menjadi syarat untuk mengurus izin sebagai Nazhir Wakaf Uang (NWU). Selain itu, nazhir juga mendapat pembinaan dari Badan Wakaf Indonesia (BWI).

Pada dasarnya lembaga pengelolaan wakaf itu prinsipnya mu’awanah (saling tolong menolong dan bersinergi) bukan musabaqah (saling berlomba dan bersaing).

Karena itu setiap lembaga pengelola wakaf pasti punya programnya masing-masing, yang diharapkan bisa saling bersinergi agar bisa memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk kemajuan umat.

Baca juga: Potensi Wakaf Yang Besar Harus Diimbangi Mitigasi Risiko

Jika dilihat perkembangan wakaf dari tahun ke tahun sifatnya eksponensial. Dengan pelatihan dan sertifikasi, kompetensi nazhir diharapkan lebih berkembang lagi. Karena the man behind the gun.

“Senjata itu penting tapi lebih penting lagi orang di balik senjata. Wakaf itu penting tapi siapa yang mengelola wakaf itu. Dengan semakin banyak nazhir tersertifikasi. Kita harapkan dunia perwakafan akan terus berkembang,” ucap Komisioner BWI, Dr. Hendri Tanjung, MBA., P.hD. saat memberikan sambutan dalam acara pelatihan dan sertifikasi nazhir beberapa waktu lalu.

Narasumber pertama, Prof. Dr. Nurul Huda, SE., MM., M.Si., menjelaskan arti dari wakaf. Secara bahasa, wakaf artinya diam, menahan, berhenti (al habs).

Baca juga: Apakah Bedanya Antara Wakaf dan Sedekah Jariyah

Adapun secara istilah, wakaf ialah perbuatan hukum wakif (orang yang mewakafkan hartanya) untuk memisahkan dan atau menyerahkan sebagian harta benda miliknya untuk dimanfaatkan selamanya atau untuk jangka waktu tertentu sesuai dengan kepentingannya guna keperluan ibadah dan atau kesejahteraan umum menurut syariah.


Sekarang traktir Tim TQNNEWS gak perlu ribet, sat-set langsung sampe!
https://sociabuzz.com/tqnn/tribe
Terima kasih ya sudah support kami. Salam cinta penuh kehangatan :)
______
Rekomendasi