LDTQN Imbau Jaga Kemurnian Amaliah TQN Pontren Suryalaya

Pengurus Pusat LDTQN Pontren Suryalaya imbau LDTQN di berbagai daerah untuk menjaga kemurnian amaliah TQN Suryalaya.

Dalam keterangannya, seluruh LDTQN di tingkat daerah diimbau untuk mengamalkan amaliyah TQN Suryalaya dengan sebaik-baiknya dan sungguh-sungguh.

“Sebagaimana sudah kita maklumi bahwa tarekat itu merupakan pula sebuah jalan yang dipilih oleh Mursyid untuk membimbing diri kita hingga sampai ke asalnya yaitu Allah SWT. Dan kita tahu, bahwa jalan tersebut banyak. Pada jalan-jalan tersebut ada amalan-amalan, yang menjadi ciri masing-masing jalan itu. Sehingga ketika kita sudah berada pada jalan TQN Suryalaya, maka kita amalkan saja amaliyah TQN Suryalaya dengan sebaik-baiknya dan dengan sungguh-sungguh,” demikian tertulis dalam Surat Himbauan bernomor 053/B-LDTQN/PPS/VI/2022.

Baca juga: Mengamalkan Ratibul Haddad Apakah Menambah Amaliah TQN

Selain itu, PP LDTQN Pontren Suryalaya juga mengimbau agar tidak menambah amalan dari jalan yang lain. “Hal ini sebagaimana diingatkan oleh Pangersa Abah dalam maklumatnya nomor 03.PPS. V.2002,” lanjutnya.

Dalam maklumat Syekh Mursyid TQN Pontren Suryalaya No: 03.PPS. V.2002 tersebut disebutkan, di antaranya sebagai berikut:

Abah menghimbau para wakil Talqin, Kiyai, Ustadz, Mubaligh, Pengurus Organisasi di lingkungan Pondok Pesantren Suryalaya dan segenap ikhwan/akhwat TQN Pondok Pesantren Suryalaya, agar selalu:

1. Meningkatkan Kesadaran dan keikhlasan untuk melaksanakan ibadah, baik shalat fardhu, shalat Sunat, dzikrullah. Khataman, manaqiban maupun ibadah lainnya dan berusaha menjadi panutan bagi ikhwan/akhwat TQN Pondok Pesantren Suryalaya khususnya serta masyarakat pada umumnya.

Baca juga: LDTQN Imbau Ikhwan Tingkatkan Amaliah dan Biasakan Sedekah

2. Meningkatkan persatuan dan kesatuan seta kerjasama dalam kebersamaan untuk mengamalkan, mengamankan dan melestarikan TQN Pondok Pesantren Suryalaya, berikut Tanbih dan untaian Mutiara tanggal 13 1956 yang merupakan wasiat dan amanat Syakhunna Almukarram Syekh H. Abdullah Mubarok bin Nur Muhammad ra. kepada segenap murid-murid beliau.

3. Meningkatkan kewaspadaan terhadap sikap, ucapan dan perbuatan agar tidak bertentangan dengan peraturan agama maupun negara dan meningkatkan pembinaan amaliah secara positif terarah, guna memelihara kemurnian, amalan TQN Pondok Pesantren Suryalaya berikut Tanbih dan Untaian Mutiara.

4. Meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan nilai-nilai luhur Tanbih serta Untaian Mutiara dalam kehidupan sehari-hari secara sungguh-sungguh dan sebaik-baiknya.

Baca juga: Amaliah Tolak Bala dalam Tradisi TQN Selain Rebo Wekasan

5. Menjaga diri agar tidak berbuat yang bertentangan dengan petunjuk, pedoman, tuntunan, bimbingan dan pengajaran yang telah ditetapkan dalam amalan TON Pondok Pesantren Suryalaya, baik dilakukan secara sendiri-sendiri maupun secara organisasi, bagi mereka yang melakukan penyimpangan atau perekayasaan terhadapnya, maka Abah tidak ikut bertanggungjawab dan segala akibat yang timbul karenanya menjadi tanggungjawab orang yang bersangkutan.

Demikian agar segenap ikhwan/akhwat TQN Pondok Pesantren Suryalaya mengetahui dan melaksanakan maklumat ini dengan penuh kesadaran serta rasa tanggung jawab yang tinggi.

Rekomendasi