Laznas DPF dan Dompet Dhuafa Gandeng UIN SAIZU Purwokerto

Zakat sendiri ada potensi sekitar 327 T yang sesungguhnya bisa dikelola

“Misalnya di Mesir kita tahu ada Universitas Al-Azhar Kairo. Di Saudi Arabia sendiri saat ini Wakaf Khalifah Utsman Bin Affan masih terdapat jejaknya,” ujar Dewan Pengawas Syariah Dompet Dhuafa tersebut.

Baca juga: Islamic Social Engineering Keahlian Yang Diperlukan Umat

Sebagai negara dengan penduduk mayoritas muslim, Indonesia tentu masih memiliki harapan yang besar. Terutama, kata H. Fauzi Qosim, dalam memaksimalkan potensi ISF dalam menopang beberapa sektor pemberdayaan, terutama dalam menciptakan fasilitas layanan masyarakat yang gratis dan berkualitas dari pengelolaan ISF.

Seminar bersama UIN SAIZU Purwokerto adalah ikhtiar untuk memulai langkah-langkah besar itu semua.

Lembaga filantropi, aktivis ISF, atau pun civitas akademika harus lebih aktif dalam mengupayakan, mengenalkan dan menggugah kesadaran agar lebih banyak umat Islam yang sampai nisab zakatnya atau punya kelebihan harta bisa berzakat dan berwakaf.

Selain itu, ke depan nazir wakaf akan dituntut lebih profesional dalam pengelolaan aset wakaf dan tentunya dalam pengembangan bisnis.

Baca juga: Ragam Manfaat Wakaf Untuk Perekonomian

Karena itu, tambah Kiai Wahfi, Perguruan Tinggi Islam sudah saatnya memikirkan proses pendidikan engineering. Pendidikan Engineering itu adalah pendidikan yang berorientasi pada penemuan masalah yang bermuara pada solusi-solusi yang dihadirkan.

Seminar juga menjadi momentum penandatanganan kerjasama antara LAZNAS DPF dengan UIN SAIZU Purwokerto di bidang pendidikan, penelitan dan pemberdayaan masyarakat. Kerja sama ini dianggap sudah sejalan dengan konsep Pentahelix dalam upaya percepatan pembangunan di tengah-tengah masyarakat.

Selain itu UIN SAIZU Purwokerto khususnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) memiliki program studi manajemen wakaf dan zakat. Tentu sangat besar harapan kita akan lahir para Amil dan Nazir yang profesional dari lulusan salah satu kampus besar Islam di Jawa Tengah ini.


Sekarang traktir Tim TQNNEWS gak perlu ribet, sat-set langsung sampe!
https://sociabuzz.com/tqnn/tribe
Terima kasih ya sudah support kami. Salam cinta penuh kehangatan :)
______
Rekomendasi