Indonesia, Negara Kelima Starup Terbanyak di Dunia

Berdasarkan data Startup Ranking, Indonesia kini berada di urutan kelima dari sisi jumlah starup terbanyak di dunia.

Starup di Indonesia ada 2.305 yang berada di bawah Kanada (3.145), Inggris (6.025), India (11.819), dan negara dengan starup paling banyak yaitu Amerika Serikat (AS) dengan 69.565 perusahaan.

Dikutip dari katadata, Indonesia saat ini diketahui memiliki delapan unicorn, yakni Tokopedia, Bukalapak, Traveloka, Ovo, J&T Express, OnlinePajak, Ajaib dan Xendit. Disebut unicorn karena valuasinya di atas US$ 1 miliar. Selain itu, ada tiga startup yang dikabarkan beralih status menjadi unicorn yakni Kredivo, Blibli dan Tiket.com.

Satu-satunya decacorn atau yang bervaluasi di atas US$ 10 miliar adalah Gojek yang merger dengan Tokopedia membentuk entitas baru Bernama GoTo. Baca juga…

Indonesia sendiri belum sampai pada tingkatan tertinggi starup (hectocorn) atau bervaluasi di atas US$ 100 miliar, seperti Facebook, Google, Microsoft dan Apple.

Di Asia Tenggara sendiri kini totalnya ada di angka 27 unicorn dan diperkirakan akan terus tumbuh seiring tumbuhnya sektor digital selama satu dekade ke depan.

Negara lain di Asia Tenggara yang masuk 12 besar yakni Singapura. “Ada 989 startup,” demikian dikutip dari Startup Ranking.

#startup #unicorn #decacorn

Rekomendasi