Digitalisasi Zakat dan Wakaf Untuk Pengelolaan Yang Efektif dan Efisien

Faktanya 60 % hasil pengumpulan dana zakat di BAZNAS berasal dari platform digital yang didominasi oleh generasi Z dan Milenial.

Dari fakta tersebut, lembaga zakat wakaf harus memanfaatkan teknologi untuk pengelolaan yang efektif dan efisien.

Dengan platform digital diharapkan adanya transparansi pengelolaan zakat yang bisa meningkatkan kepercayaan Muzaki demikian juga dengan wakaf dan penerima manfaat wakaf.

Digitalisasi zakat dan wakaf yang dilakukan oleh lembaga pengelola di era 4.0 dapat menumbuhkan emosional antar muzaki dan mustahik, wakif dan nadzir.

Pesatnya kemajuan teknologi informasi memudahkan lembaga pengelola zakat dan wakaf melaporkan secara cepat dan berkala kepada muzaki dan wakif apa yang telah disalurkan.

Teknologi juga membuat laporan penyaluran lebih terbuka dan transparan kepada publik khususnya muzaki dan calon muzaki. Lalu apa saja yang diperlukan untuk digitalisasi zakat?

Baca juga: Rahasia Mengapa Kita Perlu Berzakat

Dilansir dari literasi zakat wakaf, pertama adalah kehandalan platform web atau aplikasi. Kedua, strategi menggiring traffic. Ketiga, customer relation digital. Keempat, konten yang menggugah, menggerakkan call to action.

Selain lembaga pengelola yang dituntut untuk menyiapkan infrastruktur untuk mendukung inovasi yang berkaitan dengan digitalisasi zakat wakaf, masyarakat juga berperan penting untuk terlibat langsung dalam proses digitalisasi zakat wakaf, demi mengoptimalkan hasil zakat dan wakaf.

Digitalisasi zakat dan wakaf saja tidak cukup, dengan potensi Islamic Social Fund (ISF) yang tinggi kita perlu mengembangkan kebutuhan yang harus dimiliki amil dan nazhir. Mulai dari trust (kepercayaan), legalitas, human skill, human technical dan human relation.

Dari sini diharapkan, zakat dan wakaf bisa terus ditingkatkan dari sisi penghimpunannya, pengelolaan, pendayagunaan, dan penyaluran, sehingga bisa lebih menyejahterakan umat dan melakukan pemberdayaan masyarakat, serta mengubah mustahik menjadi muzaki.

Rekomendasi