Apa Yang Dimaksud dengan Dakwah TQN?

Dakwah secara bahasa berasal dari kata da’a-yad’u yang artinya mengajak, menyeru, mengajak dan mengundang. Lalu apa yang dimaksud dengan dakwah TQN?

“Dakwah TQN adalah segala upaya yang ditujukan untuk mengajak/mempengaruhi manusia agar memiliki kepribadian yang sesuai dengan nilai-nilai TQN,” demikian tulis Dr. Muhamad Kodir, M.Si., yang dikutip dari ldtqn.or.id.

Ketua Umum LDTQN Pontren Suryalaya menjabarkan bahwa nilai TQN yang khas adalah ketaatan kepada Mursyid-nya, yaitu Syekh Ahmad Shohibulwafa Tajul Arifin (Abah Anom).

Baca juga: Kabar Gembira Bagi yang Berdakwah

Di saat yang sama, nilai khas TQN tersebut dilandasi oleh keyakinan bahwa seorang Guru Mursyid sangat mengetahui bagaimana jalan menuju kebahagiaan yang sejati di dunia maupun akhirat.

Seorang Guru Mursyid ditugaskan Allah mengajak umat manusia untuk mengikuti jalan yang ditempuhnya. Demikian agar manusia bisa selamat dan memperoleh kebahagiaan tertinggi, yaitu “kebersamaan” atau “kebersatuan” dengan Dzat Yang Baqa (Allah Swt) karena beliau sudah sampai pada tempat tersebut,

Menurut Wakil Rektor Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah (IAILMI) jalan atau amaliah yang harus dilalui untuk mencapai kebahagiaan ialah terutama yaitu talqin, dzikir, khataman dan manaqiban.

Baca juga: Mengapa Tak Ada Kata Dakwah Dalam Tanbih

“Jadi secara sederhana, dakwah TQN adalah mengajak manusia untuk melaksanakan talqin, dzikir, khataman dan manaqiban,” jelasnya.

Mengapa demikian, karena dalam proses ke-empat hal itu, manusia dibersihkan dari semua dosa yang selama ini menghalanginya memperoleh kebahagiaan tertinggi tersebut.


Sekarang traktir Tim TQNNEWS gak perlu ribet, sat-set langsung sampe!
https://sociabuzz.com/tqnn/tribe
Terima kasih ya sudah support kami. Salam cinta penuh kehangatan :)
______
Rekomendasi