Apa Itu Takhalli, Tahalli dan Tajalli?

Dalam tanya jawab Majelis Dzikir SAEPI ada pertanyaan yang diajukan, di antaranya; apa itu Takhalli, Tahalli dan Tajalli?

H. Andhika Darmawan selaku pengampu program tersebut menjelaskan bahwa takhalli artinya adalah pengosongan.

“Maksudnya mengosongkan diri kita dari berbagai sifat tercela kita dengan mengamalkan dzikrullah, mengamalkan segala bimbingan guru kita. Kita kosongkan segala sifat-sifat buruk dan tercela dalam diri kita, segala akhlak madzmumah menjadi akhlakul karimah,” ujarnya.

Baca juga: Via Purgativa Proses Pembersihan dan Pemurnian Diri

Beranjak ke tahalli. Tahalli, kata ustadz Andhika, artinya adalah pengisian. Yakni mengisi diri kita dengan berbagai sifat-sifat terpuji. Sifat-sifat terpuji itu adalah sifatnya Rasulullah Saw dan juga sifat-sifat Allah yang sudah diserap oleh Rasulullah Saw.

“Karena Rasulullah sifatnya adalah al Qur’an. Maka segala sifat-sifat yang terserap dalam diri pribadi Rasulullah Saw, kita coba (amalkan) juga, kita teladani. Lalu kita masukkan dalam jiwa kita, dengan cara pengamalan dzikir, dengan menerapkan segala bimbingan Guru Mursyid kita juga,” tambahnya.

Kemudian tajalli, artinya adalah pembuktian. Maknanya adalah nyatanya tanda kebesaran dan kekuasaan Allah di dalam diri seorang hamba Allah.

Artinya, sambung Wakil Ketua LDTQN Jakarta itu, setelah seorang hamba meng-nol-kan dirinya, menghilangkan segala sifat tercelanya, bahkan meng-nol-kan egonya, sehingga kemudian menjadi nampak jelas lah bahwa segala sifat-sifat yang fana’ fillah, di dalam ke Maha Mutlakan Allah, dalam kebesaran Allah, dalam eksistensi Allah Swt. Maka kemudian dia menjadi hamba yang fana’ fillah.

Baca juga: Via Purgativa Proses Pembersihan dan Pemurnian Diri 2

“Kemudian menjadi nyata lah, perbuatan Allah, sifat Allah, juga dalam segala sifat dan perbuatan-Nya. Karena dia sudah menjadi tanda kebesaran Allah di dunia ini. Karena sudah dijadikan sebagai kekasih Allah Swt. Jadi, takhalli pengosongan, tahalli pengisian dan tajalli pembuktian,” pungkasnya.

Rekomendasi