Agama Landasan Kokoh Untuk Membangun Masyarakat

Salah satu karakteristik agama Islam adalah asy syumul atau ketercakupan semua aspek

Salah satu karakteristik agama Islam adalah asy syumul atau ketercakupan semua aspek. Ajaran agama Islam bersifat menyeluruh, tidak ada satu pun persoalan yang dilewatkannya menyangkut kebutuhan manusia guna kebahagiaannya di dunia dan di akhirat.

Agama sudah sempurna, tetapi pemahaman keagamaan atau tafsir terhadap al Qur’an dan hadis selalu berkembang seiring dengan perkembangan masyarakat. Karena itulah ia relevan sepanjang waktu dan tempat.

Agama mendidik jiwa manusia agar tetap hidup. Agama hadir untuk memenuhi kebutuhan rohani manusia dan mengarahkannya untuk menggunakan potensinya agar sejahtera di dunia dan selamat di akhirat. Tetapi di saat yang sama, masyarakat kehilangan orientasi hidup, terjadi krisis sosial dan lingkungan, banyaknya kasus korupsi, kebiadaban, tingkah amoral padahal masyarakatnya beragama.

Baca juga: Perintah Al Qur’an Pertama, Bacalah!

Kita juga masih merisaukan kesenjangan yang parah antara jumlah umat Islam yang mayoritas dan kualitas kehidupannya yang tertinggal jauh hampir di semua bidang, khususnya ilmu, teknologi, dan ekonomi. Maka untuk menjadi masyarakat yang melangkah maju, masalah kualitas ini harus dapat perhatian yang sungguh-sungguh dari setiap elemen masyarakat. Bisa dikatakan, majunya kualitas umat Islam adalah majunya kualitas bangsa Indonesia, karena dia mayoritas.

Sebab Islam sebagai agama yang punya visi membangun peradaban yang berkualitas akan menemui beban pada umatnya sendiri jika ada jurang kesenjangan yang lebar antara kualitas dan kuantitas. Umat Islam disebut Al Qur’an dengan sebutan Khairu ummah. Dan seyogyanya umat terbaik ini bukan hanya dalam teks keagamaan tapi bisa mewujud dalam realita kehidupan.

كُنتُمۡ خَيۡرَ أُمَّةٍ أُخۡرِجَتۡ لِلنَّاسِ تَأۡمُرُونَ بِٱلۡمَعۡرُوفِ وَتَنۡهَوۡنَ عَنِ ٱلۡمُنكَرِ وَتُؤۡمِنُونَ بِٱللَّهِۗ

Kamu (umat Islam) adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, (karena kamu) menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah. [Surah Āli-‘Imrān: 110]

The Encyclopedia Britannica menyebutkan bahwa Nabi Muhammad Saw adalah The Most Successful of All Prophets and Religious Personalities (sosok yang paling sukses di antara para nabi dan tokoh religius). Beliau tokoh agung yang paling banyak membawa perubahan dan memberikan pengaruh di muka bumi.


Sekarang traktir Tim TQNNEWS gak perlu ribet, sat-set langsung sampe!
https://sociabuzz.com/tqnn/tribe
Terima kasih ya sudah support kami. Salam cinta penuh kehangatan :)
______
Rekomendasi