Wasiat Rasulullah Saw Kepada Abu Dzar Al Ghifary

Pesan Rasulullah Saw tersebut bukan hanya menyangkut membangun relasi sosial yang harmonis

Salah seorang sahabat utama Rasulullah Saw yang wafat pada 32 H yakni Abu Dzar al-Ghifary mendapat wasiat dari Rasulullah Saw.

“Kekasihku Rasulullah Saw berwasiat kepadaku tujuh perkara penting:

Pertama, Rasulullah Saw memerintahkan agar aku selalu mencintai orang-orang miskin dan selalu dekat dengan mereka.

Kedua, Rasulullah Saw memerintahkan (agar dalam masalah dunia) aku selalu melihat orang yang keadaannya berada di bawahku, dan tidak boleh melihat mereka yang keadaannya di atasku.

Ketiga, Rasulullah Saw juga memerintahkan agar aku selalu menghubungkan silaturahim sekalipun dengan mereka yang memutuskannya.

Keempat, Rasulullah Saw memerintahkan agar aku tidak meminta-minta apapun kepada siapapun makhluk Allah (selain kepada Allah).

Kelima, Rasulullah Saw juga memerintahkan agar aku selalu mengatakan kebenaran sekalipun terasa pahit dan berat untukku.

Keenam, Rasulullah Saw juga memerintahkan agar aku tidak takut dengan celaan orang yang suka mencela selama itu berkaitan dengan hak Allah, atau selama berada di jalan-Nya, atau selama itu demi agama-Nya.

Ketujuh, Rasulullah Saw juga memerintahkan agar aku memperbanyak membaca: ‘lā haula walā quwwata illā billāh’, karena ia merupakan harta simpanan surga yang utama yang berada di bawah ‘Arasy”.

Kendati pun wasiat disampaikan Nabi Muhammad Saw khusus kepada Abu Dzar, namun maksudnya untuk seluruh umat beliau, demikian tulis Dr. Aep Saepulloh Darusmanwiati, M.A.


Sekarang traktir Tim TQNNEWS gak perlu ribet, sat-set langsung sampe!
https://sociabuzz.com/tqnn/tribe
Terima kasih ya sudah support kami. Salam cinta penuh kehangatan :)
______
Rekomendasi