Tanbih dan Prinsip Hak Asasi Manusia

Dalam hadis disebutkan, “Wahai manusia, sesungguhnya Tuhan kalian satu, dan kalian berasal dari bapak yang satu. Ketahuilah, sesungguhnya tidak ada keistimewaan orang Arab dari non-Arab, orang non-Arab dari Arab, orang berkulit merah atas yang hitam, yang hitam atas yang merah, kecuali ketaqwaan.” (HR. Ahmad).

Dengan demikian, seluruh umat manusia merupakan saudara dalam keluarga besar kemanusiaan. Persaudaraan itu menafikan segala bentuk kasta dan strata. Karena perbedaan yang ada di antara manusia sejatinya tidak menegasikan substansi kesatuan kemanusiaan yang dimiliki setiap insan.

Oleh karena itu, perbedaan yang ada hendaknya dijadikan sebagai landasan untuk saling mengenal dan tolong-menolong antar sesama manusia. Perbedaan bukan jadi penyebab benturan dan perseteruan.

“Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Mahateliti.” (Al Hujurat: 13).

Lalu pilar yang kedua dari prinsip persamaan umat manusia (al musawah) ini adalah kemuliaan dan kehormatan universal setiap manusia.

Prinsip egalitarianisme dan humanisme Islam ini telah dengan tegas termaktub dalam al Qur’an, “Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam.” (Al Isra’: 70).

Dibandingkan dengan makhluk-makhluk lain, kedudukan manusia dalam pandangan Islam sangat unik dan istimewa. Dengan kemuliaan dan kehormatan ini, Allah menciptakan manusia sebagai khalifah di bumi.

Sementara dalam rangka menjalankan amanat sebagai khalifah di bumi Allah, alam raya dengan segala isinya, Allah persiapkan dan tundukkan untuk kepentingan manusia.

Bukan hanya itu, karena amanat yang mulia inilah malaikat diperintahkan bersujud -sebagai tanda hormat- kepada manusia.


Sekarang traktir Tim TQNNEWS gak perlu ribet, sat-set langsung sampe!
https://sociabuzz.com/tqnn/tribe
Terima kasih ya sudah support kami. Salam cinta penuh kehangatan :)
______
Rekomendasi