Seminar Keorganisasian, Siap Lahirkan Calon Pemimpin Kreatif

Mahasiswa sebagai agen perubahan dan pelanjut estafet kepemimpinan, dituntut memiliki jiwa leadership yang mumpuni.

Kemampuan leadership harus diwujudkan dalam bentuk jiwa generasi yang kreatif. Untuk itu Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah (IAILM) Suryalaya Tasikmalaya, menggelar seminar keorganisasian.

Dekan Fakultas Tarbiyah, Drs. Nurhamzah, MSI. M.Pmat. membuka seminar yang mengusung tema Implementasi Leadership dalam Membentuk Generasi Kreatif untuk Manajemen Organisasi yang Lebih Aktif.

“Sebuah organsiasi agar berjalan dengan baik harus diisi oleh orang-orang yang memiliki jiwa pemimpin. Sebuah organisasi tidak akan bisa berjalan tanpa didukung adanya jiwa leadership dan pendanaan yang mumpuni,” ujar Nurhamzah dalam sambutannya.

Baca juga: Perkuat Karakter Pendidik Sufistik Dema Tarbiyah IAILM Gelar Temu Warga

Menurut ketua DEMA Fakultas Tarbiyah, Muhamad Rafi Abdilah, seminar digelar dengan tujuan memberikan wawasan kepada mahasiswa bagaimana pentingnya menerapkan jiwa kepemimpinan dalam berorganisasi dan membangun keterampilan mahasiswa untuk manajemen organisasi yang aktif.

Seminar yang dihelat di Gedung Tarminah Bakti kampus IAILM Suryalaya Tasikmalaya, Senin (15/02) menghadirkan dua narasumber, Oyib Sulaeman, MSI.(Wakil Dekan 1 Fakultas Tarbiyah) dan Asep Kurniawan, M.Pd. (Dosen Fakultas Tarbiyah).

Sementara Oyib dalam paparan makalahnya menjelaskan beberapa sifat seorang pemimpin. Menurutnya, seorang pemimpin itu harus memiliki beberapa sifat antara lain; jujur, cerdas, adil, tanggungjawab, pendirian teguh, bersikap tenang dalam kondisi apapun, komunikasi yang baik, menginspirasi dan empati.

Baca juga: PGMI IAILM Suryalaya Tanamkan Kompetensi Profetik Pada Calon Guru

Dalam pandangan Asep, organisasi akan berjalan dengan baik ketika diorganisir dan dimanage dengan baik, struktur yang jelas, dan pembagian tugas yang terarah.

Penulis: Nana Suryana


Sekarang traktir Tim TQNNEWS gak perlu ribet, sat-set langsung sampe!
https://sociabuzz.com/tqnn/tribe
Terima kasih ya sudah support kami. Salam cinta penuh kehangatan :)
______
Rekomendasi