Ramadhan Bulan Moderasi

Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang relijius sekaligus sufistik

Secara umum, masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang relijius sekaligus sufistik. Hal itu amat wajar, sebab Islam dibawa oleh kaum sufi yang menyebarkan Islam dengan damai dan tanpa pertumpahan darah.

Berdasarkan hasil survei, agama di Indonesia masih dianggap penting. Itu artinya agama masih dijadikan tolok ukur dan pertimbangan dalam pengambilan keputusan dan kebijakan. Dengan kalimat lain agama berpengaruh besar terhadap kehidupan masyarakat.

Oleh karena itu pandangan, sikap dan cara beragama kita akan menentukan seperti apa wajah Indonesia di masa mendatang.

Umat Islam disebut oleh al Qur’an sebagai “umatan washata”. Washata sendiri secara bahas artinya seimbang, baik, adil dan tengah.

وَكَذٰلِكَ جَعَلْنٰكُمْ اُمَّةً وَّسَطًا لِّتَكُوْنُوْا شُهَدَاۤءَ عَلَى النَّاسِ وَيَكُوْنَ الرَّسُوْلُ عَلَيْكُمْ شَهِيْدًا

Dan demikian pula Kami telah menjadikan kamu (umat Islam) “umat pertengahan” agar kamu menjadi saksi atas (perbuatan) manusia dan agar Rasul (Muhammad) menjadi saksi atas (perbuatan) kamu. (Al Baqarah: 143).

Islam menekankan adanya keseimbangan, baik dalam beragama, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Keseimbangan juga diletakkan dalam setiap aspek kehidupan, misalnya bagaimana keseimbangan diri, keseimbangan sosial, keseimbangan ekologi dan lingkungan dan lain sebagainya.

Rasulullah Saw adalah sosok yang berhasil dalam hidupnya. Beliau mampu menyeimbangkan antara kehidupan pribadi dan keluarga, peran kepemimpinan serta kontribusi yang besar terhadap peradaban dunia. Beliau bukan hanya dikenal sebagai pekerja keras tapi juga ahli ibadah, beliau bukan hanya ahli ilmu tapi juga sekaligus seniman.

Washat sebagaimana maknanya tengah juga menyiratkan, bahwa sesuatu yang di tengah itu menjadi perhatian orang banyak, artinya umat Islam mesti menjadi teladan di muka bumi dengan berteladan kepada manusia agung yakni Nabi Muhammad Saw yang telah berhasil dan diakui oleh dunia.


Sekarang traktir Tim TQNNEWS gak perlu ribet, sat-set langsung sampe!
https://sociabuzz.com/tqnn/tribe
Terima kasih ya sudah support kami. Salam cinta penuh kehangatan :)
______
Rekomendasi