Modal Dasar Hidup Manusia (3)

Mukhlash berasal dari kata khallasha: pure, murni. Akhlasha: memurnikan

Setelah permohonan Iblis untuk hidup sampai kiamat dikabulkan oleh Tuhan, Iblis pun mengumbar tekad, “Fa bi’izzatika…” artinya, dengan kuasa-Mu juga, maka sudah pasti (disini gunakan lam taukid dan nun taukid) “la ughwiyannahum” aku akan selalu menyimpangkan mereka, sungguh pasti aku akan menyesatkan mereka. Tetapi tetap ada pengecualian, yaitu hamba-hamba-Mu yang mukhlash.

Ada segelintir manusia yang tidak bisa digoda oleh iblis. Itulah manusia mukhlash. Mukhlash berasal dari kata khallasha: pure, murni. Akhlasha: memurnikan. Dari kata ini muncullah istilah ikhlash: pemurnian.

Kita sering mendengar bahwa kalimat Laa ilaaha illallaah disebut kalimat ikhlas. Mengapa? karena kalimat ini adalah kalimat pemurnian. Yang di-ilahkan hanya Allah, tidak yang lain. Dan orang yang sedang akhlasha, orang yang sedang memurnikan, pelakunya disebut mukhlish. Artinya, orang yang sedang memurnikan. Dan pada level tertentu, ia menjadi mukhlash, yaitu termurnikan. Di level ini setan angkat tangan. Tidak bisa lagi si manusia diganggu.

Kalau kita, insya Allah, masih di level mukhlish, karena kita masih asyik dengan akhlasha, memurnikan, yaitu dengan Laa ilaaha illallaah. Latihkan terus kalimat ini, pada level tertentu dia akan menjadi mukhlash, termurnikan.

Sama dengan batu permata, digosok digosok digosok, kapan dia menjadi stare, berkilat, kita tidak tahu pada gosokan keberapa, pada menit keberapa. Yang penting, bersihkan, bersihkan dan bersihkan. Pada titik tertentu, maka dia akan menjadi mukhlash.

Jelas sudah bahwa Iblis mempunyai dua permintaan. Pertama, dia minta hidup sampai kiamat; dan yang kedua, dia bertekad untuk selalu aktif menyesatkan. Maka Iblis tidak lagi menjadi pembangkang yang pasif (pembangkang yang kecewa), tetapi dia telah berubah menjadi pembangkang yang aktif. Begitu dia aktif menyesatkan, saat itulah dia disebut syaithan.


Sekarang traktir Tim TQNNEWS gak perlu ribet, sat-set langsung sampe!
Terima kasih ya sudah support kami. Salam cinta penuh kehangatan :)
https://sociabuzz.com/tqnn/tribe
______
Rekomendasi