Manaqib Perdana di Masjid Kebanggaan Banyumas

Masjid Agung Banyumas ini merupakan salah satu masjid tertua di Pulau Jawa

Ikhwan TQN Pondok Pesantren Suryalaya menggelar Manaqib perdana di Masjid Agung Nur Sulaiman yang terletak di sebelah barat Alun-alun Kabupaten Banyumas, Sabtu (26/11) lalu.

Masjid yang pada mulanya dikenal dengan Masjid Agung Banyumas ini merupakan salah satu masjid tertua di Pulau Jawa.

Pengurus DKM Agung Nur Sulaiman yang diwakili Drs. Mufarechan, bersyukur Ikhwan TQN bisa ikut melestarikan Masjid yang telah ditetapkan menjadi bangunan cagar budaya di Kabupaten Banyumas.

Baca juga: Jadwal Manaqib Pondok Pesantren Suryalaya Tahun 2023

“Kami sangat berterimakasih kepada Ikhwan/Akhwat TQN Pontren Suryalaya dari Majelis Dzikir Negeri Atas Angin yang telah menjadikan Masjid Nur Sulaiman sebagai tempat kegiatannya. Sehingga secara tidak langsung telah menyiarkan Masjid Cagar Budaya yang menjadi kebanggaan warga Banyumas, yang telah secara resmi dibuka 24 jam untuk kegiatan masyarakat umum,” ucapnya.

(Foto: Junia Hardianto)

Kegiatan yang dimulai sejak pukul 8 malam itu diawali dengan pembukaan dan peresmian manaqib rutinan.

Ketua Panitia Penyelenggara KH. Muhammad Irfansyah Al Hafidz dalam sambutannya menyampaikan, Masjid Agung Nur Sulaiman adalah masjid pertama yang dibangun di Kab. Banyumas. Masjid ini terus dijaga dan dipelihara keasliannya, sehingga masuk dalam cagar budaya dan dilindungi undang-undang.

Baca juga: Kiai Athorid Siraj Beberkan Empat Karamah Murid TQN Saat Manaqib di Suryalaya

Sementara Ketua Tanfidziyah NU Kab. Banyumas Drs. KH. Sabar Munanto, M.Ag, menyatakan bahwa menjadi kewajiban kita selaku insan yang beriman untuk memakmurkan masjid sebagai rumah Allah.

إِنَّمَا يَعۡمُرُ مَسَٰجِدَ ٱللَّهِ مَنۡ ءَامَنَ بِٱللَّهِ وَٱلۡيَوۡمِ ٱلۡأٓخِرِ وَأَقَامَ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتَى ٱلزَّكَوٰةَ وَلَمۡ يَخۡشَ إِلَّا ٱللَّهَۖ فَعَسَىٰٓ أُوْلَٰٓئِكَ أَن يَكُونُواْ مِنَ ٱلۡمُهۡتَدِينَ

Sesungguhnya yang memakmurkan masjid Allah hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta (tetap) melaksanakan salat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada apa pun) kecuali kepada Allah. Maka mudah-mudahan mereka termasuk orang-orang yang mendapat petunjuk. [Surah At-Tawbah: 18]


Sekarang traktir Tim TQNNEWS gak perlu ribet, sat-set langsung sampe!
https://sociabuzz.com/tqnn/tribe
Terima kasih ya sudah support kami. Salam cinta penuh kehangatan :)
______
Rekomendasi