Jihad Harta Bukti Keimanan

Unggul dalam jumlah tapi masih minim dari segi peran dan kontribusinya

Umat Islam dalam al Qur’an disebut sebagai ummatan washata yang berarti umat pertengahan. Idealnya, memang umat Islam berdiri tegak di tengah menjadi teladan dalam aneka sisi kehidupan umat manusia. Menjadi titik simpul persaudaraan umat manusia serta mewujudkan keadilan di tengah masyarakat dunia.

Tapi sayang harapan dan kenyataan tak berbanding lurus. Demikian pula yang terjadi dengan umat Islam di Indonesia. Mayoritas secara kuantitatif tetapi minoritas dari segi kualitatif. Unggul dalam jumlah tapi masih minim dari segi peran dan kontribusinya.

Misalnya pertumbuhan ekonomi yang tidak berbanding lurus dengan populasi umat Islam. Bahkan laporan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) menyebutkan 1 persen orang kaya di Indonesia menguasai 50% aset nasional.

Yang jika dinaikkan jadi 10% menguasai 70% aset nasional. Dengan kalimat lain 90% penduduk memperebutkan 30% aset yang tersisa. Maka dapat dipahami mengapa Indonesia jadi negara tertimpang keempat di dunia.

Jika menengok ke belakang, Indonesia tidak bisa melepaskan diri dari realitas sejarah bahwa umat Islam lah pemilik mayoritas saham negeri ini. Tak ada kemerdekaan Indonesia tanpa perjuangan umat Islam khususnya peran dari ulama tarekat di tanah air. Tapi sayang dari tahun ke tahun peran dan penguasaan aset yang dikelola untuk kebaikan semakin minim.

Lihat saja misalnya siapa orang-orang kaya di negeri ini, masih didominasi oleh yang bukan muslim. Bukan hendak menonjolkan perbedaan agama tapi sebagai refleksi atas kultur dan spirit jihad masyarakat muslim khususnya di Indonesia yang dibuktikan dengan data dan fakta di lapangan.

Jihad dengan Harta Bukti Keimanan

“Sesungguhnya orang-orang mukmin yang sebenarnya adalah mereka yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya kemudian mereka tidak ragu-ragu dan mereka berjihad dengan harta dan jiwanya di jalan Allah. Mereka itulah orang-orang yang benar.” (Al Hujurat: 15).


Sekarang traktir Tim TQNNEWS gak perlu ribet, sat-set langsung sampe!
https://sociabuzz.com/tqnn/tribe
Terima kasih ya sudah support kami. Salam cinta penuh kehangatan :)
______
Rekomendasi