Faydhul Barakah, Bimbingan Mursyid Yang Sudah Wafat

Tarbiyatihi ba’da zamanihi adalah bimbingan atau tarbiyah Nabi atau Wali setelah wafatnya mereka

Dalam kajian Ilmu Tasawuf kita tentu mendengar dengan istilah Faydhul Barakah. Faydhul Barakah artinya limpahan keberkahan dari orang mulia seperti Nabi atau Wali Allah pada diri seseorang.

Di dalam Tafrihul Khathir fi Manaqibi Asy-Syekh Abdul Qadir qs (hal. 14) disebutkan, faydhul barakah itu ada dua jenis:

Tarbiyatihi ba’da zamanihi

Tarbiyatihi ba’da zamanihi adalah bimbingan atau tarbiyah Nabi atau Wali setelah wafatnya mereka.

Seorang Wali Mursyid dapat membimbing murid- muridnya, walau fisiknya sudah di makam. Dalam Tanwirul Qulub lebih tegas disebutkan, jika ada wali Allah yang setelah wafat karamahnya hilang, maka ia bukan wali Allah.

Seorang Mursyid walau sudah wafat secara fisik, namun tetap memantau, menolong dan membimbing murid-muridnya dengan cara yang beragam. Itulah tanda cinta dan kasih sayang seorang Mursyid kepada para ikhwan atau para muridnya. Adakah kita tidak ingin membalas cinta dan kasih sayangnya dengan berkhidmah sesuai dengan kemampuan kita? Khidmat ilal mursyid.

Baca juga: Daya Rusak Seorang Yang Bukan Mursyid Lebih Besar

Muraqabatul mursyid. Mursyid selalu memantau kita. Apa tidak malu jika kita melakukan kedzaliman, padahal mata Syekh Mursyid melihat apa yang kita lakukan?

Tarbiyatuhum bir Ru’ya

Tarbiyatuhum bir ru’ya adalah seorang Mursyid walau sudah wafat dapat membimbing melalui mimpi, memberikan pesan, solusi dan sebagainya kepada para ikhwan atau muridnya.

Syekh Abdul Qadir al-Jaelani menegaskan dalam Sirrul Asrar, setan sebagai kekuatan kegelapan tidak akan dapat menyerupai sosok- sosok cahaya seperti para nabi dan para wali.

Demikian faydhul barakah adalah limpahan barakah, termasuk dari Syekh Mursyid, Pangersa Abah Anom. Semoga kita semakin belajar merasa diawasi Mursyid dan berhasrat untuk berkhidmat padanya sebagai bentuk syukur dan terima kasih pada Syekh Mursyid, Aamiin. Wallahu a’lam. []

Oleh: Rojaya (Ketua Divisi Kajian dan Literasi Tasawuf DPP LDTQN Pondok Pesantren Suryalaya)


Sekarang traktir Tim TQNNEWS gak perlu ribet, sat-set langsung sampe!
https://sociabuzz.com/tqnn/tribe
Terima kasih ya sudah support kami. Salam cinta penuh kehangatan :)
______
Rekomendasi