Esensi Puasa, Menguatkan Ruh Keimanan dan Muraqabah

Perintah puasa diawali oleh panggilan yang disifati dengan keimanan

Puasa adalah salah satu rukun Islam. Puasa berarti menahan diri dari makan, minum dan berhubungan suami istri sepanjang siang mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari, dengan maksud melaksanakan perintah Allah Swt.

Sebagian besar umat Islam menduga bahwa siapa yang berhasil menahan diri dari tiga hal tersebut sepanjang hari saat puasa telah menggugurkan kewajiban (taklif) dan menunaikan apa yang telah Allah wajibkan.

Padahal kenyataannya, penjelasan tersebut baru menyentuh format puasa secara lahiriah, belum sampai pada hakikat puasa yang Allah minta dan wajibkan bagi hamba-Nya, demikian ungkap Syekh Mahmud Syaltut dalam Al Islam, Aqidah wa Syari’ah.

Allah Swt memulai ayat puasa dengan firman-Nya, Wahai orang-orang yang beriman dan menutupnya dengan semoga kamu bertaqwa dan pada ayat berikutnya juga termaktub tujuan dari berpuasa lainnya yakni semoga kamu bersyukur, yang di tengahnya ada perintah tentang kewajiban puasa.

Perintah puasa diawali oleh panggilan yang disifati dengan keimanan, sebab iman merupakan dasar kebajikan dan sumber keutamaan. Sedangkan penyebutan kata taqwa di akhirnya, lantaran taqwa adalah ruhnya iman dan rahasia kesuksesan.

Dengan demikian, setelah berpuasa diharapkan setiap orang yang beriman juga mampu menahan diri dari hal-hal yang bertentangan dengan iman dan tidak sesuai dengan keutamaan taqwa dan pengawasan-Nya.

Kalau begitu, kata Syekh Mahmud Syaltut, puasa yang tujuan maksud dan harapannya bukan Allah tidaklah dinilai puasa. Mereka yang berpikir untuk melakukan kesalahan, sibuk untuk menyusun fitnah, intrik serta tipu daya, memerangi Allah dan Rasul-Nya pada kaum mu’min, tiada puasa baginya.

Mereka yang hatinya berisi dendam, dengki, benci pada persatuan orang-orang yang beriman, dan berupaya memecah belah serta melemahkan kekuatan orang yang beriman dinilai tidak berpuasa. Mereka yang cenderung pada orang-orang dzalim dan justru menolongnya, menyanjung orang-orang bodoh, dan menolong para perusak juga dinilai tak ada puasa baginya.


Sekarang traktir Tim TQNNEWS gak perlu ribet, sat-set langsung sampe!
Terima kasih ya sudah support kami. Salam cinta penuh kehangatan :)
https://sociabuzz.com/tqnn/tribe
______
Rekomendasi