Bukapangan Luncurkan Lumbung Swadaya Desa untuk Jawa Tengah

Program pemberdayaan komunitas petani yang dinisiasi oleh bukapangan

Bukapangan DPF meluncurkan Program Lumbung Swadaya Desa (LSD) untuk Provinsi Jawa Tengah tepatnya di Purwokerto, Kamis (8/12).

Dalam implementasinya, program ini melakukan pendampingan kepada petani untuk melaksanakan proses pertanian tanpa pestisida, urea dan NPK di lahan seluas 3000 meter persegi.

Mirah Hartika, Presiden Direktur bukapangan DPF menjelaskan, Lumbung Swadaya Desa (LSD) merupakan salah satu program pemberdayaan komunitas petani yang dinisiasi oleh bukapangan.

Baca juga: Buka Pangan Gelar Seminar Nasional di 3 Universitas di Sumatera Utara

“LSD bukapangan DPF ini diharapkan akan menjadi program ikonik yang akan mendorong keberdayaan petani-petani miskin di Indonesia. Petani yang kini menghadapi persoalan kompleks dari hulu hingga hilir. LSD bukapangan DPF akan banyak berfokus di hulu yaitu pada akses permodalan dan budidaya. Terlebih praktek riba dalam pertanian saat ini masih sulit untuk bisa dihindari oleh banyak petani,” ungkapnya.

(Foto: Isman)

Muhammad Irfan, penanggung jawab program LSD bukapangan DPF mengatakan, bahwa program ini akan dilaksanakan selama 5 masa tanam.

Dalam program pemberdayaan ini, tambahnya, petani akan didampingi untuk dapat memperoleh pengetahuan budidaya pertanian sehat dan juga keuangan.

“Komitmen bukapangan DPF dalam membangun petani yang berdaya dan memberdayakan tidak ingin setengah-setengah. Nantinya kita ingin mengaktivasi sekolah lapang sebagai ruang berkembang petani-petani di daerah,” tuturnya.

Baca juga: Pengajian Pejabat Pemprov Sumut Kiai Wahfi Jajaki Kerjasama Pentahelix

Sementara itu, Junia Hardianto, perwakilan petani Purwokerto menyebutkan bahwa dengan adanya program LSD bukapangan DPF ini, biaya produksi pertanian semakin berkurang. Karena biaya pupuk, NPK dan pestisida tidak lagi dibutuhkan, sudah diganti dengan pupuk cair organik.

(Foto: Isman)

“Kami merasa senang sekali dengan kebersediaan bukapangan DPF mendampingi kami di sini,” ucap Ikhwan TQN Pontren Suryalaya tersebut.

Program LSD bukapangan DPF ini termasuk program pemberdayaan yang dibiayai dana zakat. Bukapangan memastikan bahwa penerima manfaat adalah petani mustahik. []


Sekarang traktir Tim TQNNEWS gak perlu ribet, sat-set langsung sampe!
https://sociabuzz.com/tqnn/tribe
Terima kasih ya sudah support kami. Salam cinta penuh kehangatan :)
______
Rekomendasi