Bangun Iklim Kewirausahaan, Koperasi Nasuha Gelar Workshop bagi Tujjar

Workshop bertemakan "How to Start & Scale Up Your Business"

Koperasi Nasuha menggelar workshop bagaimana memulai dan mengembangkan usaha di Aula TQN Center Masjid Al Mubarok, Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (28/9).

Workshop diadakan sejak pukul 09.00 – 14.30 WIB, bertemakan “How to Start & Scale Up Your Business“.

Workshop ini merupakan bagian dari program Koperasi Nasuha bagi perkumpulan para pengusaha TQN Sejabodetabek dengan nama TUJJAR.

Zaenal Mulyadi yang menjadi narasumber menerangkan bahwa kegiatan ini untuk membangun iklim kewirausahaan dan kemandirian ekonomi.

Baca juga: Ikhwan TQN Masih Terpaku Pada Amaliah Ritual Belum Kembangkan Amaliah Sosial

Menurut praktisi Kaizen ini, belum ada wadah ikhwan/akhwat untuk aktualisasi diri di bidang ekonomi.

“Dari kita oleh kita untuk masyarakat. Tujjar ini sebagai ruang dalam rumah besar TQN Suryalaya. Mensinergikan ikhwan/akhwat dari aspek spiritual, sosial dan komersial,” ujar Co founder & Commissioner of PT. Cipta Merah Putih.

Program ini nantinya, sambung pengurus LDTQN DKI Jakarta, dibagi menjadi program jangka pendek, menengah dan panjang. Secara jangka pendek Tujjar mengikuti short workshop untuk memantapkan mindset sebagai wirausahawan, dilatihkan untuk melakukan pemetaaan pilihan usaha Business Canvas Model (BMC).

Kemudian, kata International Auditor selama lebih dari 20 tahun di Asia ini, akan dilakukan pendampingan dalam melakukan branding, pemasaran dan keuangan.

Baca juga: Jalin Shilaturrahim Ikhwan Akhwat TQN Secara Produktif

Sementara untuk jangka menengah dilakukan dua langkah yakni kaderisasi dan penyebarluasan.

“Kaderisasi itu ikhwan dan usahanya yang sudah mapan menjadi saudara angkat wirausahawan pemula dan seterusnya secara berkelanjutan,” paparnya.

Adapun untuk penyebarluasan, Tujjar Jabodetabek menjadi role model bagi wilayah lain. Ikhwan ini melakukan program yang sama sesuai poin jangka pendek dan membentuk kantong-kantong Ikhwan sebagai agen perubahan di setiap wilayah, lanjut Founder & MD of Khazanah Consulting itu.

“Diharapkan melalui program ini bisa hadir wirausahawan yang tangguh berjiwa KHIDMAT (Kreatif,
Hormat, Ikhlas, Dedikasi, Manfaat Antusias dan Taat),” tuturnya.

Baca juga: Rahasia Muhammadiyah Jadi Ormas Paling Tajir

Narasumber lainnya, Rohdian Al-Ahad menjelaskan bagaimana rumus dari Selling dan tren bisnis saat ini.

Direktur HATAM ini juga menjabarkan bagaimana menerapkan Business Model Canvas (BMC) di bisnis yang sedang digeluti atau akan digeluti.

“Yang pertama, kita perlu tentukan segmen konsumen kita. Segmen bisa dilihat dari empat sisi. Secara geographic, produk mau dipasarkan ke mana? Kemudian secara demographic, bagaimana usia, gender, status, golongan, penghasilan, pendidikan dari calon konsumen. Lalu secara psychographic atau psikologi, apa yang diminati, keinginan, yang ditakutkan, yang diharapkan dari calon pelanggan. Dan secara behavioural atau kebiasaan dari pelanggan. Kita perlu survei bagi pelanggan secara singkat,” paparnya.

Workshop ini dihadiri 20 orang peserta dari Jabodetabek. Rencananya kegiatan ini akan dilakukan setiap bulannya. Bagi yang ingin bergabung dengan Tujjar bisa menghubungi Koperasi Nasuha (0822-10000-165).


Sekarang traktir Tim TQNNEWS gak perlu ribet, sat-set langsung sampe!
https://sociabuzz.com/tqnn/tribe
Terima kasih ya sudah support kami. Salam cinta penuh kehangatan :)
______
Rekomendasi