Bagaimana Mengetahui Dzikir Kita Telah Tembus Tujuh Lathifah?

Di antara yang menjadi pertanyaan ikhwan TQN ialah, apa makna lathifah dan tujuannya? Lalu bagaimana cara merasakan dan memahami urgensi lathifah ini?

Lathifah artinya adalah kehalusan. Maksudnya adalah titik sensitivitas di dalam diri (ruh) kita. Titik inilah yang menyerap nur dzikrullah secara optimal di dalam diri kita. Demikian jawab ustadz H. Andhika Darmawan dalam tanya jawab amaliah TQN Pontren Suryalaya yang diadakan MZ SAEPI dan LDTQN Jakarta.

Menurutnya, lathifah ini termasuk juga titik-titik yang menjadi tempat “godaan setan” sesuai QS Al-A’raf: 17.

ثُمَّ لَاٰتِيَنَّهُمْ مِّنْۢ بَيْنِ اَيْدِيْهِمْ وَمِنْ خَلْفِهِمْ وَعَنْ اَيْمَانِهِمْ وَعَنْ شَمَاۤىِٕلِهِمْۗ وَلَا تَجِدُ اَكْثَرَهُمْ شٰكِرِيْنَ

kemudian pasti aku akan mendatangi mereka dari depan, dari belakang, dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur.

Baca juga: Amaliah Dzikir Belum Selesai Karena Ada Keperluan Apakah Mesti Mengulang Dari Awal

Kendati demikian, ustadz Andhika menegaskan bahwa kita tidak perlu merasakan keberadaan lathifah.

“Cukup rasakan saja keberadaan dzikrullah senantiasa di dalam qalbu kita, sambil selalu rabithah kepada Pangersa Abah. Biarkan perpindahan lathifah di dalam diri kita menjadi urusan guru kita saja. Tugas kita hanya berdzikir dengan ikhlas dan istiqamah saja,” jelasnya.

Pertanyaan lainnya ialah bagaimana mengetahui bahwa dzikir kita ini tembus kepada tujuh latifah yang ada dalam diri?

Ustadz Andhika mengatakan, kita tidak perlu mengetahui tembus atau tidak tembusnya dzikir kita pada lathifah. Sebab menurutnya, lathifah ini hanya untuk wawasan keilmuan saja. Tidak perlu menjadi target atau obsesi dalam amaliah.

Baca juga: Apakah Dzikir Khatam Boleh Dilakukan di Luar Waktu yang Dianjurkan

“Karena ini termasuk urusan Guru Mursyid. Sekali lagi, cukup amalkan dzikrullah dengan ikhlas dan istiqamah, serta lahirkan sikap akhlaqul karimah di dalam diri kita sesuai Tanbih, itu saja,” ujar Wakil Ketua LDTQN DKI Jakarta.

Rekomendasi
Komentar
Loading...