Akibat Membuat Orang Lain Susah

Membuat orang lain susah, atau membahayakannya terlarang dalam Islam. Seorang muslim yang baik tidak boleh mempersulit orang lain, apalagi sampai membuatnya menderita.

Allah sangat mencintai hamba-Nya. Sehingga kalau ada seseorang yang memberikan gangguan yang tidak menyenangkan atau pun menyakitinya, beliau akan turun langsung. Sebagaimana dikabarkan oleh Rasulullah Saw;

مَنْ ضَارَّ ؛ ضَارَّ اللَّهُ بِهِ، وَمَنْ شَاقَّ ؛ شَاقَّ اللَّهُ عَلَيْهِ

Abi Shirmah meriwayatkan dari Nabi Muhammad Saw yang bersabda, “Siapa yang membahayakan orang lain, Allah akan membahayakan dia. Dan siapa yang menyulitkan orang lain, Allah akan menyulitkan dia. (HR. Tirmidzi).

Baca juga: Beragama Itu Mudah Jangan Persulit Diri

Dari hadis ini kita belajar bahwa perbuatan yang membahayakan orang lain apa pun bentuknya haram hukumnya. Akibat membahayakan orang lain, Allah pun akan menurunkan kesukaran, kesulitan atau bahaya sebagai balasan yang setimpal.

Jadi siapa pun perlu berhati-hati dan waspada agar tidak membuat orang lain mengalami kerugian, kesulitan atau pun bahaya. Sehingga salah satu prinsip yang berlaku di tengah pergaulan sosial adalah tidak membahayakan diri sendiri dan tidak membahayakan orang lain.

Dalam hadis yang lain, Rasul bersabda, bahwa orang yang mencelakai orang lain atau menipunya akan jauh dari Rahmat Allah Swt.

مَلْعُونٌ مَنْ ضَارَّ مُؤْمِنًا، أَوْ مَكَرَ بِهِ

Terlaknatlah orang yang mencelakai seorang mukmin, atau berbuat makar (tipu muslihat) padanya (HR. Tirmidzi).

#rasulullah #akhlak #hadits


Sekarang traktir Tim TQNNEWS gak perlu ribet, sat-set langsung sampe!
https://sociabuzz.com/tqnn/tribe
Terima kasih ya sudah support kami. Salam cinta penuh kehangatan :)
______
Rekomendasi