Agar Dicatat dan Diakui Muridnya Abah Anom

Guru atau mursyid dalam sebuah thariqah adalah orang yang paling tinggi martabatnya

Alhamdulillah, bersyukur kepada Allah Swt saat ini kita telah memasuki tahun baru masehi, tahun 2023. Semoga di tahun yang baru ini, kita lebih baik dari tahun 2022.

Lebih baik dalam kualitas keimanan, keislaman, dan keihsanan, serta lebih baik dalam kualitas pengamalan amaliah TQN Suryalaya, yakni dzikir, khataman, manakib dan amaliah lainnya yang telah dicontohkan guru mursyid TQN Pondok Pesantren Suryalaya, Syekh KH. Ahmad Shohibulwafa Tajul Arifin ra. Amin ya rabbal ‘alamin.

Guru atau mursyid dalam sebuah thariqah adalah orang yang paling tinggi martabatnya. Saking tinggi posisinya , tidak semua orang bisa menjadi guru mursyid.

Ada banyak kriteria yang harus dipenuhi oleh seorang guru mursyid. Menurut Amin Al-Kurdi dalam kitab Tanwirul Qulub, ada 24 kriteria, diantaranya; Pertama, seorang mursyid harus mampu menutupi aurat muridnya yang terlihat olehnya. Kedua, ucapannya mursyid harus bersih dari campuran-campuran hawa nafsu, senda gurau yang berlebihan dan sesuatu yang tidak bermakna.

Baca juga: Keistimewaan Guru Mursyid Bagi Murid-muridnya

Apakah kita bisa memenuhi kriteria itu?

Tentu tidak, oleh karenanya, cukup bagi saya dicatat dan diaku menjadi muridnya Syekh KH. Ahmad Shohibulwafa Tajul Arifin ra. Jangankan menjadi mursyid, mengamalkan amalan yang telah diajarkan Pangersa Abah saja, saya masih belum bisa istiqamah.

Dari sekian banyak kebahagiaan yang Allah akan berikan kepada kita yang sedang belajar berthariqah adalah ketika kita dicatat dan diakui sebagai muridnya guru mursyid TQN Pondok Pesantren Suryalaya, Syekh KH. Ahmad Shohibulwafa Tajul Arifin ra.

Siapakah murid dalam thariqah itu? Murid adalah orang yang berkehendak, berkemauan, dan mempunyai cita-cita. Dalam istilah thariqah, murid adalah orang yang bermaksud menempuh jalan untuk dapat sampai ke tujuan yakni ridha Allah Swt.


Sekarang traktir Tim TQNNEWS gak perlu ribet, sat-set langsung sampe!
https://sociabuzz.com/tqnn/tribe
Terima kasih ya sudah support kami. Salam cinta penuh kehangatan :)
______
Rekomendasi