Prof. Huzaemah Tutup Usia, Umat Islam Berduka

Innalilllahi wa inna ilaihi raji’un, kabar duka cita menyelimuti Indonesia, Prof. Dr. Huzaemah Tahido Yanggo meninggal dunia.

Rektor Institut Ilmu Al Qur’an tersebut wafat pada pukul 06.10 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banten pada Jum’at (23/07).

Prof. Huzaemah adalah perempuan Indonesia pertama yang memperoleh gelar Doktor dari Universitas Al Azhar Kairo, Mesir dengan predikat cum laude.

Ketua Bidang Fatwa MUI periode 2015-2020 itu wafat pada usia 74 tahun setelah sebelumnya hampir dua minggu berjuang melawan covid-19.

Ulama perempuan asal Donggala, Sulawesi Tengah tersebut akan dimakamkan di Kompleks Pemakaman UIN Syarif Hidayatullah, Tangerang Selatan Banten. Prof Huzaemah akan dimakamkam sesuai dengan protokol covid-19.

“Prof Huzaemah akan dimakamkam di Pemakaman UIN Syarif Hidayatullah,” ujar Royhan Imamul Muttaqin yang ikut mendampingi Dr. Syarif Hidayatullah anak almarhumah di RSUD Banten.

Sosok perempuan yang langka dan hebat ini merupakan pakar Fiqih perbandingan Mazhab. Kiprahnya di dunia akademik sebagai dosen dan Guru Besar di berbagai Universitas. Di dunia keulamaan, Prof. Huzaemah aktif sejak dulu di MUI serta Dewan Syariah Nasional dan A’wan PBNU serta sebagai Dewan Pakar Pusat Studi Al Qur’an (PSQ). Banyak karyanya di bidang fikih dan aktif sebagai narasumber di berbagai media.

Belasan tahun aktif di Lajnah Pentashihan Mushaf  Al Qur’an (LPMQ), Dr. Muchlis Hanafi sebagai Ketua LPMQ memberikan testimoni.

“Di antara yang patut diteladani dari beliau, kedisiplinan dan komitmennya terhadap waktu dan janji,” ujarnya.

Tak banyak sosok ulama perempuan seperti beliau. Umat Islam amat kehilangan. Lahal Fatihah.

#huzqemah #dukacita #mui


Sekarang traktir Tim TQNNEWS gak perlu ribet, sat-set langsung sampe!
https://sociabuzz.com/tqnn/tribe
Terima kasih ya sudah support kami. Salam cinta penuh kehangatan :)
______
Rekomendasi