Penjelasan Silaturahmi Yang Banyak Dilupakan

Menyambung silaturahmi juga akan selamat dari kematian yang buruk dan marabahaya

Menurut Syekh Ahmad Thayyib, penyambung silaturahmi yang sebenarnya adalah orang yang tetap merawat dan menyambung silaturahmi dengan kerabatnya, baik kerabat itu menyambung ataupun memutus silaturahmi dengannya.

Itulah makna silaturahmi yang sebenarnya yang dijanjikan oleh Allah bahwa Dia akan menyambung orang yang menyambungnya dan memutus orang yang memutusnya seperti disebut dalam salah satu hadis qudsi.

أَنَا اللَّهُ، وَأَنَا الرَّحْمَنُ، خَلَقْتُ الرَّحِمَ، وَشَقَقْتُ لَهَا مِنِ اسْمِي، فَمَنْ وَصَلَهَا ؛ وَصَلْتُهُ، وَمَنْ قَطَعَهَا ؛ بَتَتُّهُ

Aku adalah Allah dan Aku adalah Ar Rahman. Aku menciptakan rahim dan mengambilnya dari nama-Ku. Siapa yang menyambungnya, maka Aku akan menyambungkannya dengan rahmat-Ku. Siapa yang memutuskannya, maka Aku akan memutuskannya dari rahmat-Ku. (HR. Tirmidzi)

Baca juga: Kita Tidak Sendiri Dalam Perjalanan Ini

Memang, kata mantan Rektor Universitas Al Azhar itu, merawat dan menyambung tali silaturahmi dengan pengertian syariat seperti ini tidak mudah dilakukan oleh banyak orang. Akan tetapi, dalam hal ini kita harus memaksa diri kita menahan rasa pahit itu dengan tetap menebar kasih sayang kepada orang-orang yang tidak mau. Bagaimana tidak? Surga memang penuh dengan tantangan yang berat, sedangkan neraka penuh dengan kelezatan nafsu syahwat.

“Apakah seorang saudara yang diberi kecukupan rezeki oleh Allah ingat kepada saudaranya yang miskin ketika ia sedang makan bersama anak dan istrinya dengan makanan yang berlimpah cukup untuk puluhan orang, sementara saudaranya atau ayah ibunya hidup dalam kekurangan?” tutur Guru Besar Aqidah dan Filsafat Univ. Al Azhar.

Mantan Mufti Republik Mesir itu mengatakan bahwa kita harus membiasakan diri untuk tabah menghadapi sikap sebagian saudara kita yang mungkin kurang menjaga hubungan silaturahmi dengan kita. Beliau menegaskan, kita harus tetap berupaya menyambung silaturahmi dengan mereka jika memang ada hak mereka pada kita. []


Sekarang traktir Tim TQNNEWS gak perlu ribet, sat-set langsung sampe!
https://sociabuzz.com/tqnn/tribe
Terima kasih ya sudah support kami. Salam cinta penuh kehangatan :)
______
Rekomendasi