Istiqamah Terhadap Kemursyidan (Bagian 1)

Seratus enam tahun yang lalu tepatnya 1 Januari 1915 telah lahir seorang insan pilihan Allah Swt yang mampu membimbing dan mengarahkan jutaan ruh manusia untuk bisa wushul kepada Allah Swt.

Beliaulah Syekh KH. Ahmad Shohibulwafa Tajul Arifin ra, seorang ulama, waliyullah, mursyid kamil mukkamil TQN Pondok Pesantren Suryalaya Tasikmalaya Jawa Barat.

Sebagai mursyid, beliau memiliki kedudukan yang penting dalam TQN Pondok Pesantren Suryalaya. Sebagai pewaris nabi, beliau memiliki tugas penting sebagaimana pentingnya tugas rasul.

هُوَ ٱلَّذِى بَعَثَ فِى ٱلْأُمِّيِّـۧنَ رَسُولًۭا مِّنْهُمْ يَتْلُوا۟ عَلَيْهِمْ ءَايَـٰتِهِۦ وَيُزَكِّيهِمْ وَيُعَلِّمُهُمُ ٱلْكِتَـٰبَ وَٱلْحِكْمَةَ وَإِن كَانُوا۟ مِن قَبْلُ لَفِى ضَلَـٰلٍۢ مُّبِينٍۢ

Dialah yang mengutus kepada kaum yang buta huruf seorang Rasul di antara mereka, yang membacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, mensucikan mereka dan mengajarkan mereka Kitab dan Hikmah (As Sunnah). Dan sesungguhnya mereka sebelumnya benar-benar dalam kesesatan yang nyata (QS. Al-Jumu’ah: 2).

Baca juga: Terkait Mursyid Selain Abah Anom LDTQN Tegaskan Bukan Bagian dari Pontren Suryalaya

Masalah kemursyidan sangat urgen dan strategis dalam sebuah tarekat. Karena seorang mursyid adalah sarana untuk wushul menuju Allah. Dalam dalam Futuh Al-Ghaib (hlm. 79), Syekh Abdul Qodir Jaelani qs menulis judul tentang cara wushul kepada Allah dengan sarana Mursyid (fi kaifiyati al-wushul ila Allahi bi wasithati al-Mursyid).

Tidak saja mengawasi kehidupan lahiriyah sehari-hari muridnya supaya tidak menyimpang dari ajaran Islam dan terjerumus dalam kemaksiatan, beliau juga berperan sebagai pembimbing dan pemimpin kerohanian bagi para muridnya agar wushul kepada Allah Swt.

Oleh karena itu, jabatan mursyid tidak bisa dipangku oleh sembarang orang. Sekalipun pengetahuannya tentang ilmu thariqah cukup lengkap, yang terpenting adalah adanya isyarah birasulillah melalui guru mursyidnya dan juga memiliki kebersihan rohani dan kehidupan batin yang tulus dan suci.

Baca juga: Kiai Athorid Siraj Inti Thariqah Adalah Mursyid

Sebagai murid beliau, kita telah berjanji dan berserah diri kepada guru mursyid TQN Pondok Pesantren Suryalaya, Syekh KH. Ahmad Shohibulwafa Tajul Arifin ra. melalui talqin dzikir.

Karena talqin bukan hanya proses mengajar dzikir tetapi proses perjanjian antara seorang murid dengan mursyidnya. Dalam Surat Al-Fath (48) ayat 18 Allah Swt berfirman,

لَّقَدْ رَضِىَ ٱللَّهُ عَنِ ٱلْمُؤْمِنِينَ إِذْ يُبَايِعُونَكَ تَحْتَ ٱلشَّجَرَةِ فَعَلِمَ مَا فِى قُلُوبِهِمْ فَأَنزَلَ ٱلسَّكِينَةَ عَلَيْهِمْ وَأَثَـٰبَهُمْ فَتْحًۭا قَرِيبًۭا

Sesungguhnya Allah telah ridha terhadap orang-orang mukmin ketika mereka berjanji setia kepadamu di bawah pohon, maka Allah mengetahui apa yang ada dalam hati mereka lalu menurunkan ketenangan atas mereka dan memberi balasan kepada mereka dengan kemenangan yang dekat (waktunya).

Yang dimaksud dengan pohon adalah pohonnya al-Quran yaitu kalimat Laa Ilaaha Illallah. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Turmudzi, Rasululah Saw bersabda: “Akan masuk surga orang-orang yang berjanji serta setia di bawah pohon”. (HR. Turmudzi).

Baca juga: Peran Rasulullah Saw yang Dilanjutkan Guru Mursyid

Ketika telah menerima talqin dzikir dari beliau, sejatinya kita telah berjanji setia kepada Allah Swt. Dalam surat Al-Fath (48) ayat 10 Allah Swt berfirman,

إِنَّ ٱلَّذِينَ يُبَايِعُونَكَ إِنَّمَا يُبَايِعُونَ ٱللَّهَ يَدُ ٱللَّهِ فَوْقَ أَيْدِيهِمْ ۚ فَمَن نَّكَثَ فَإِنَّمَا يَنكُثُ عَلَىٰ نَفْسِهِۦ ۖ وَمَنْ أَوْفَىٰ بِمَا عَـٰهَدَ عَلَيْهُ ٱللَّهَ فَسَيُؤْتِيهِ أَجْرًا عَظِيمًۭا

Bahwasanya orang-orang yang berjanji setia kepada kamu sesungguhnya mereka berjanji setia kepada Allah. Tangan Allah di atas tangan mereka, maka barangsiapa yang melanggar janjinya niscaya akibat ia melanggar janji itu akan menimpa dirinya sendiri dan barangsiapa menepati janjinya kepada Allah maka Allah akan memberinya pahala yang besar.

Tugas kita adalah memegang teguh janji setia kepada guru mursyid tersebut yang diwujudkan dalam sikap istiqamah.

Penulis: Nana Suryana, S.Ag., M.Pd. (Ketua I LDTQN Pondok Pesantren Suryalaya Pusat)


Sekarang traktir Tim TQNNEWS gak perlu ribet, sat-set langsung sampe!
https://sociabuzz.com/tqnn/tribe
Terima kasih ya sudah support kami. Salam cinta penuh kehangatan :)
______
Rekomendasi