Fungsi Penyembuh Al Qur’an untuk Lahir dan Batin Manusia

Al Qur'an adalah syifa (obat, penyembuh, penawar) dan rahmat bagi orang yang beriman

Dengan demikian Al Qur’an bisa menjadi penyembuh bukan hanya dari penyakit lahiriah tapi juga dari penyakit batiniah. Dan pesan penting Al Qur’an terkait pengobatan atau penyembuhan ialah bertanya pada ahlinya, sehingga Al Qur’an bisa dipergunakan secara bijak dan tidak keluar dari koridor syariat.

فَسۡـَٔلُوٓاْ أَهۡلَ ٱلذِّكۡرِ إِن كُنتُمۡ لَا تَعۡلَمُونَ

Maka tanyakanlah kepada orang yang berilmu, jika kamu tidak mengetahui. [Surah Al-Anbiyā’: 7]

Umat Islam tidak hanya dianjurkan untuk membacanya yang mengundang turunnya rahmat Allah Swt, melainkan juga mempelajarinya terutama di bulan Ramadhan.

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدَ النَّاسِ، وَكَانَ أَجْوَدُ مَا يَكُونُ فِي رَمَضَانَ حِينَ يَلْقَاهُ جِبْرِيلُ، وَكَانَ يَلْقَاهُ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ، فَيُدَارِسُهُ الْقُرْآنَ

Rasulullah Saw adalah orang yang paling dermawan, dan beliau bertambah kedermawanannya di bulan Ramadhan ketika bertemu dengan malaikat Jibril, dan Jibril menemui beliau di setiap malam bulan Ramadhan untuk mempelajari Al Quran. (HR. Bukhari).

Orang yang enggan mentadabburi Al Qur’an yang di dalamnya berlimpah nasihat, petunjuk, perintah dan larangan yang berguna bagi keselamatan manusia, maka hatinya akan selalu terkunci. Bisa menjadi keras hati dan tersesat jiwanya seperti yang terjadi pada orang-orang munafik dan kafir.

أَفَلَا يَتَدَبَّرُونَ ٱلۡقُرۡءَانَ أَمۡ عَلَىٰ قُلُوبٍ أَقۡفَالُهَآ

Maka tidakkah mereka menghayati Al-Qur’ān, ataukah hati mereka sudah terkunci? [Surah Muḥammad: 24]

Maka dari itu fungsi penyembuh atau as Syifa’ dari Al Qur’an ketika manusia mentadabburi dan melakukan tafakkur terhadap ayat-ayat-Nya, serta mengamalkan petunjuk, arahan, memperhatikan perintah dan larangan, juga adab dan hukum yang tercakup di dalamnya.


Sekarang traktir Tim TQNNEWS gak perlu ribet, sat-set langsung sampe!
https://sociabuzz.com/tqnn/tribe
Terima kasih ya sudah support kami. Salam cinta penuh kehangatan :)
______
Rekomendasi