Bukti Cinta Dengan Berkurban

Menjadi mulia memang tak cukup hanya dengan pengakuan, dibutuhkan adanya pembuktian

Jakarta – Jangan mengaku emas bila takut api. Cara ampuh untuk membuktikan sesuatu itu emas sungguhan atau bukan adalah dengan membakarnya hingga lumer dan mencair. Semua material yang bukan emas akan mengapung di permukaan. Hanya cairan emas yang mengendap di bawah. Rupanya, menjadi mulia memang tak cukup hanya dengan pengakuan, dibutuhkan adanya pembuktian. Apalagi cinta. Tak ada cinta tanpa pengorbanan.

“Apakah manusia-manusia itu menyangka, mereka akan dibiarkan saja berkata: ‘kami beriman!’ padahal mereka belum diuji.” (QS al-Ankabut, 29:2).

Nabi Ibrahim diuji dengan ujian yang sangat berat. Sudah mendekati seratus tahun usianya, belum juga dikaruniakan anak. Ketika akhirnya Siti Hajar melahirkan Ismail, Allah memerintahkan Nabi Ibrahim untuk meninggalkan Siti Hajar dan bayinya, Ismail, di lembah Bakka (kemudian dikenal Makkah), lembah yang dikelilingi gungung-gunung batu di tengah gurun pasir yang panas dan kering kerontang, tanpa ada pepohonan dan pemukiman. Hingga belasan tahun kemudian, Nabi Ibrahim diperintahkan menjenguk kembali isteri dan anaknya itu.

Baca juga: Hakikat Berqurban Menurut Pangersa Abah Anom

Dari Kan’an (sekarang Palestina) Nabi Ibrahim berjalan waswas. Khawatir yang akan dijumpainya di Makkah nanti hanya sisa-sisa tulang belulang isteri dan anaknya yang sudah mati kekeringan. Tetapi itu tidak terjadi. Nabi Ibrahim mendapati Ismail, anak lelaki semata wayang, telah tumbuh menjadi pemuda yang tegap dan rupawan.

Nabi Ismail adalah blasteran (indo). Ayahnya, Nabi Ibrahim, berasal dari negeri al-Urr (di bagian Selatan Iraq) yang termasuk etnis Persia. Posturnya tinggi dan berkulit putih. Ibunya, Siti Hajar, mantan budak negro dari Ethiopia (Arab – Habsyah, Latin – Abessinia) yang dijual ke Mesir, lalu dimerdekakan oleh Siti Sarah (isteri pertama Nabi Ibrahim). Posturnya juga tinggi dan tegap. Maka wajar Nabi Ismail yang keturunan campuran dari keduanya itu juga bertubuh tinggi, tegap dan gagah, serta berkulit terang tampan rupawan.


Sekarang traktir Tim TQNNEWS gak perlu ribet, sat-set langsung sampe!
Terima kasih ya sudah support kami. Salam cinta penuh kehangatan :)
https://sociabuzz.com/tqnn/tribe
______
Rekomendasi