Amaliah TQN dan Keutamaan Mendoakan Orang Lain

Hadis ini menunjukkan bahwa doa seorang muslim untuk saudaranya itu mustajab

Berdoa adalah salah satu ajaran Islam. Tetapi tidak semua orang terbiasa atau rela mendoakan saudaranya. Padahal Nabi Saw mengajarkan agar bukan hanya berdoa saja tapi juga mendoakan orang lain.

مَا مِنْ عَبْدٍ مُسْلِمٍ يَدْعُو لِأَخِيهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ إِلَّا قَالَ الْمَلَكُ : وَلَكَ بِمِثْلٍ

Tidaklah seorang muslim mendoakan saudaranya tanpa sepengetahuan dia, melainkan malaikat akan berkata, “dan untukmu juga.” (HR. Muslim).

Dalam Syarah Shahih Muslim dijelaskan, bahwa hadis ini menunjukkan bahwa doa seorang muslim untuk saudaranya itu mustajab. Karena setiap kali seorang muslim mendoakan kebaikan untuk saudaranya itu tanpa sepengetahuannya, maka malaikat yang ada di sisinya ikut mengaminkan doa tersebut. Karena doa untuk orang lain itu dinilai lebih tulus.

Baca juga: Doa Orang Tua Kepada Anak Mustajab

Begitulah keutamaan mendoakan kebaikan untuk orang lain. Meskipun yang didoakan itu bukan perorangan tapi kaum muslimin, tetap akan mendapatkan keutamaan dari mustajabnya doa.

Oleh karena itu sebagian kaum salaf, ketika berdoa untuk dirinya sendiri, mereka juga mendoakan orang lain. Berharap dengan mendoakan saudaranya, doanya itu ikut diaminkan malaikat dan diijabah serta mendapatkan yang semisal dari apa yang mohonkan untuk saudaranya itu.


Sekarang traktir Tim TQNNEWS gak perlu ribet, sat-set langsung sampe!
Terima kasih ya sudah support kami. Salam cinta penuh kehangatan :)
https://sociabuzz.com/tqnn/tribe
______
Rekomendasi