Tasawuf Adalah Intisari Islam

Syekh Muhammad Said Ramadhan Al Buthi menjelaskan inti kandungan tasawuf

Tidak bisa dipungkiri masih ada saja yang anti dengan kata tasawuf dan menolak keras terhadap kandungan tasawuf. Syekh Muhammad Said Ramadhan Al Buthi pun menjelaskan apa sebenarnya inti kandungan tasawuf.

Menurut penulis Syarah Al Hikam Al ‘Athaiyyah tersebut, di dalam tasawuf itu kamu akan menemukan berpegang teguh dengan kitabullah dan sunnah Rasulullah Saw dalam segala keadaan dan aktivitas.

Di dalam tasawuf juga, kata ulama Suriah itu, kamu akan menemukan peringatan (tahdzir) bagi manusia pada segala kondisi agar tidak diganggu atau mendapat bisikan setan dan tidak beranggapan bahwa Allah memberinya ilham padanya padahal itu bisikan setan. Dengan kalimat lain dalam tasawuf, kamu selalu mawas diri dan sadar, bisa membedakan antara petunjuk dari Allah dan bisikan setan.

Baca juga: Tiga Manifestasi Utama Tasawuf

Orang yang menyadari hakikat tasawuf -yang dinamai Rasulullah dengan ihsan itu- dia akan mengerti bahwa tasawuf ini adalah intisari Islam.

“Tanpa mencapai pada intisari ini, demi Allah kita tidak akan sampai pada Allah,” ujar pengarang Al-Lamadzhabiyyah Akhtharu Bid’ah Tuhaddid asy-Syari’ah al-Islamiyyah itu.

Ibadah secara lahiriah berupa shalat, puasa atau pun haji, menurutnya tidak cukup untuk mengantarkan seseorang sampai pada Allah. Termasuk misalnya ceramah maupun amar ma’ruf nahyi munkar tidaklah cukup. Karena itu semua adalah bentuk aktifitas lahiriah dari lisan semata.

Karena sungguh Allah tidak memandang bentuk kamu, tidak pula melihat ucapan kamu, namun beliau memandang pada qalbu dan amal perbuatan kamu sebagaimana disebutkan dalam hadis.

Baca juga: 4 Esensi Tasawuf Yang Perlu Kamu Ketahui

Pembicaraan tentang tasawuf selalu tentang qalbu. Syekh Ramadhan Al Buthi mengingatkan bahwa sampai kapan pun kita tidak boleh menyangka bahwa setiap yang dikatakan qalbu itu berasal dari Allah. Karena qalbu itu bisa menjadi tempat anugerah Allah (nafahat ar rububiyah) dan bisa pula menjadi tempat gangguan setan.


Sekarang traktir Tim TQNNEWS gak perlu ribet, sat-set langsung sampe!
https://sociabuzz.com/tqnn/tribe
Terima kasih ya sudah support kami. Salam cinta penuh kehangatan :)
______
Rekomendasi