Niat dan Doa Memakai Baju Baru

Ada seseorang yang mendatangi Nabi Saw dengan baju yang lusuh

Satu waktu ada seseorang yang mendatangi Nabi Saw dengan baju yang lusuh.

Maka Nabi Saw bertanya: “Apakah engkau mempunyai harta?” Orang itu menjawab, “Ya.” Beliau bertanya lagi: “Harta apa saja?” ia menjawab, “Allah telah memberiku unta, kambing, kuda dan budak.”

Nabi Muhammad Saw kemudian bersabda:

فَإِذَا آتَاكَ اللَّهُ مَالًا فَلْيُرَ أَثَرُ نِعْمَةِ اللَّهِ عَلَيْكَ وَكَرَامَتِهِ

“Jika Allah memberimu harta maka tampakkanlah wujud dari nikmat-Nya dan pemberian-Nya itu pada dirimu.” (HR. Abu Dawud).

Dalam ‘Aunul Ma’bud, secara dzahir maknanya ialah pakailah pakaian yang baik, agar orang tahu bahwa engkau bukan orang yang membutuhkan (kaya). Dan bahwa Allah telah menganugerahkan padamu aneka nikmat.

Di antara tanda mensyukuri nikmat dari Allah Swt ialah dengan menampakkan atau menceritakannya.

مَنْ لَمْ يَشْكُرِ الْقَلِيلَ لَمْ يَشْكُرِ الْكَثِيرَ، وَمَنْ لَمْ يَشْكُرِ النَّاسَ لَمْ يَشْكُرِ اللَّهَ، وَالتَّحَدُّثُ بِنِعْمَةِ اللَّهِ شُكْرٌ، وَتَرْكُهَا كُفْرٌ، وَالْجَمَاعَةُ رَحْمَةٌ، وَالْفُرْقَةُ عَذَابٌ

Siapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, tidak bisa mensyukuri yang banyak. Siapa yang tidak pandai bersyukur pada manusia, tidak bersyukur pada Allah. Dan menceritakan nikmat Allah merupakan bentuk syukur dan meninggalkannya bentuk kufur. Persatuan adalah rahmat dan perpecahan adalah azab. (HR. Ahmad).

Syarat Menampakkan Nikmat

Akan tetapi menampakkan atau pun menceritakan nikmat Allah dilakukan sambil menata qalbu. Sebab jangan sampai disertai dengan bangga diri, berlagak atau pun untuk bersaing.

وَأَمَّا بِنِعۡمَةِ رَبِّكَ فَحَدِّثۡ

Dan terhadap nikmat Tuhanmu, hendaklah engkau nyatakan (dengan bersyukur). (Ad-Dhuhaa 11).


Sekarang traktir Tim TQNNEWS gak perlu ribet, sat-set langsung sampe!
https://sociabuzz.com/tqnn/tribe
Terima kasih ya sudah support kami. Salam cinta penuh kehangatan :)
______
Rekomendasi