Bi’am, Ciri Khas Lulusan Madrasah Aliyah Serba Bakti Suryalaya

Bi’am atau Bimbingan ‘Amaliyah adalah kegiatan pembekalan dan pembinaan bagi siswa siswi kelas XII sebelum lulus. Kegiatan ini menjadi salah satu ciri khas lulusan Madrasah Aliyah Serba Bakti Suryalaya.

Dengan demikian, siswa siswi tersebut selain mendapatkan ijazah Madrasah Aliyah, juga mendapatkan sertifikat Upgrading LDTQN Pontren Suryalaya.

Pada tanggal 24 – 25 Maret 2022, siswa siswi kelas XII MA Serba Bakti Suryalaya ini mengikuti Bi’am. Hari pertama kegiatan, para peserta tersebut mendapatkan materi, antara lain:

  1. Thaharah (teori dan praktik)
  2. Tasawuf dan ke TQN an
  3. Talqin mayit (teori dan praktik)
  4. Teori dan kaifiyat manakiban (teori dan praktik)
  5. Melaksanakan amaliyah Ponpes Suryalaya.

Baca juga: Sebelum Wisuda Calon Sarjana IAILM Jalani Pesantren Sarjana

Sedangkan di hari kedua, peserta didik Serba Bakti Suryalaya tersebut dibimbing untuk mengamalkan di antaranya: mandi tobat, qiyamullail dan praktik bersuci (thaharah), serta talqin.

Hari kedua siswa siswi kelas XII tersebut ba’da Jum’at (25/03) langsung bergabung dalam kegiatan upgrading I LDTQN hingga Sabtu, 26 Maret 2022.

“Alhamdulillah Upgrading 1 LDTQN angkatan ke-100 peserta didik kelas XII MA Serba bakti Suryalaya berjalan lancar. Semoga dengan penguatan ke TQN an, peserta didik kelas XII di tengah masyarakat masing-masing menjadi garda terdepan dalam mengamalkan, mengamankan, dan melestarikan ajaran TQN Pondok Pesantren Suryalaya,” demikian MA Serba Bakti melaporkan melalui laman media sosialnya.

Dalam kegiatan upgrading I angkatan ke 100 tersebut para peserta menerima materi terkait TQN Suryalaya, antara lain:

  1. Shalat-shalat sunah
  2. Dzikir, khataman, manakiban
  3. Tawasul, ziarah, dan riyadhah
  4. Eksistensi LDTQN Suryalaya
  5. Organisasi di Pondok Pesantren Suryalaya.

Baca juga: Vakum Satu Tahun LDTQN Akhirnya Kembali Gelar Upgrading 1

Dengan acara pembekalan berupa Bi’am dan Upgrading ini, diharapkan lulusan MA Serba Bakti siap berkhidmat, berperan, dan bermanfaat di masyarakat.

“Mudah-mudahan dengan pembinaan ini menjadikan seluruh peserta didik MA SB, mempunyai kepribadian sufi yang kuat dan siap mengamalkan, mengamankan dan melestarikan ajaran TQN Suryalaya, aamiin,” pungkasnya.

Perlu diketahui, Madrasah Aliyah Serba Bakti merupakan salah satu lembaga pendidikan di bawah naungan Yayasan Serba Bakti dan berada di lingkungan Pondok Pesantren Suryalaya yang didirikan KH. Ahmad Shohibulwafa Tajul Arifin atau Abah Anom pada tahun 1977.


Sekarang traktir Tim TQNNEWS gak perlu ribet, sat-set langsung sampe!
https://sociabuzz.com/tqnn/tribe
Terima kasih ya sudah support kami. Salam cinta penuh kehangatan :)
______
Rekomendasi