Apa Sih Bekal Terbaik bagi Anak?

Setiap orang tua mendambakan anak yang shalih dan shalihah. Sebagaimana harapan Nabi Ibrahim as yang diabadikan oleh Al Qur’an.

رَبِّ هَبۡ لِي مِنَ ٱلصَّٰلِحِينَ

Ya Tuhanku anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang yang saleh.” (As-Shaaffat: 100).

Anak yang shalih dan shalihah adalah anugerah Allah yang besar yang diberikan kepada hamba Allah yang dikehendaki-Nya. Sebab anak shalih akan membawa nama baik orang tua serta kebaikan di dunia dan di akhirat. Serta disebutkan dalam hadis bahwa salah satu amalan yang tiada berputus (jariyah) ialah doa dari anak yang shalih.

Oleh sebab itu Nabi memerintahkan untuk senantiasa menghormati dan memuliakan anak-anak. Sebab mereka lah pelanjut kalimat tauhid bagi keturunan selanjutnya.

أَكْرِمُوا أَوْلَادَكُمْ وَأَحْسِنُوا أَدَبَهُمْ

Anas bin Malik meriwayatkan dari Nabi Saw, beliau bersabda: “muliakanlah anak-anakmu, dan perbaguslah (perbaikilah) adab mereka. (HR. Ibnu Majah).

Rasulullah memerintahkan agar setiap orang tua memuliakan anak-anaknya. Tetapi di saat yang bersamaan beliau juga menyuruh agar memperbaiki adab atau pun sopan santun.

Artinya sikap orang tua dalam memuliakaan anak jangan sampai mengakibatkan anak kehilangan tata krama dan sopan santunnya. Ada batasan yang mesti diperhatikan, prinsipnya ialah memelihara adab baik anak.

Dengan memuliakannya, anak akan makin mencintai ayah dan bundanya. Jika orang tua memberi teladan yang baik, maka anak akan mudah meneladaninya.

مَا نَحَلَ وَالِدٌ وَلَدًا مِنْ نُحْلٍ أَفْضَلَ مِنْ أَدَبٍ حَسَنٍ

Tidak ada pemberian seorang ayah kepada anaknya yang lebih utama dari pada adab (tata krama) yang baik. (HR. Tirmidzi).

Dengan mengajarkan sopan santun kepada anak serta mendidiknya agar memiliki akhlak yang baik akan mengangkat derajat sang anak menjadi mulia di dunia dan akhirat. Sebagaimana Nabi Saw bersabda:

مَا مِنْ شَيْءٍ أَثْقَلُ فِي الْمِيزَانِ مِنْ حُسْنِ الْخُلُقِ

Tidak ada sesuatu yang lebih berat dalam timbangan amal selain akhlak yang baik (HR. Abu Dawud).

Allah SWT mencintai dan orang yang memiliki akhlak yang baik. Dengan Budi baik dan perangainya itu bisa mengundang ridha-Nya. Oleh sebab itu bekal terbaik bagi anak sekali lagi ialah akhlak yang baik.


Sekarang traktir Tim TQNNEWS gak perlu ribet, sat-set langsung sampe!
https://sociabuzz.com/tqnn/tribe
Terima kasih ya sudah support kami. Salam cinta penuh kehangatan :)
______
Rekomendasi